HerE yOU Not OnLY gET hAVinG fuN BuT aLSo GEt KnoWLedGE
PERHATIAN
SELURUH CONTENT DI BLOG INI DAPAT MENYEBABKAN KETAGIHAN, SERANGAN KEBAHAGIAN, BERSENANG-SENANG DAN GANGGUAN TANGAN UNTUK MENG-KLIK DAN MENG-KLIK

Kamis, 19 Juli 2012

HOW TO CREATE BLOG VIA BLOGSPOT

blogger-logo.jpg (1024×311)Hai hai.. pada kesempatan kali ini saya akan membahas sesuatu yang bisa dibilang sepele namun penting dan dapat bermanfaat. Bagi kalian yang memiliki hobi menulis. Apapun tulisan kalian baik itu penting, gaje (nggak jelas), humor, curhat (curahan hati), hanya iseng saja dan sebagainya pasti ingin sekali memiliki wahana atau wadah untuk mengapresiasikan dan mengekspresikan hobi kalian tersebut kan ?!.

Apalagi jika memiliki mental sedikit pengen eksis hehe mungkin akan memampang hasil tulisan kalian kan ?!. Tapi dengan apa ?? tenang saja.. jaman kalian hidup bukan lagi jaman batu. Ini jamannya internet hehe.. media kalian untuk hal itu adalah web pribadi namun bagaimana memilikinya ??.

Jika ingin independen dengan domain sendiri atau menggunakan .com kalian bisa daftar di beberapa situs penyedia hal seperti itu. Hanya saja biasanya berbayar dengan besaran yang telah di tetapkan oleh pihak penyedia. "Lalu bagaimana dengan kami yang modalnya pas-pasan ??". take easy bro... Kalian bisa daftar pada domain yang gratis akan tetapi jika kalian malas ambil pusing. Blog pribadi bisa jadi alternatif pilihannya.

So.. How to create blog ??. Nah karena hal itu saya membuat postingan kali ini (sebenernya dari request temen hehe ^_^). Pada tutor yang saya berikan menggunakan jasa dari blogspot. Blogspot sendiri bagian dari Google. Jadi jika kalian tidak memiliki akun Google sama sekali, mau tidak mau kalian harus juga membuatnya.

Bagi blogger yang sudah cukup lama, mungkin paham dengan template awal dashboard blogspot yang masih simple dan mereka juga merasakan template baru  dashboard blogspot (termasuk saya hehe). Akan tetapi bagi rekan blogger yang baru kalian akan langsung mendapatkan dan merasakan template baru tersebut.

Nah dari pada banyak omong yang malah membuat kalian bete jadi langsung saja kita mulai membahasnya.



Sebelum menggunakan blog kalian, maka kalian diwajibkan memiliki akun Google. Jika kalian tidak memiliknya maka kalian mau tidak mau harus membuatnya seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya. Namun jika kalian telah memiliki akun Google kalian bisa skip tutor bagian ini dan langsung membaca tutor bagian pembuatan blognya.

Dalam membuat akunnya tentu saja kalian harus membuka browser kalian hehe. Oke kita pakai saja Google Chrome (biar semuanya serba Google hehe). Nah setelah terbuka browser kita.. kita masukkan alamatnya. Dalam contoh yang saya berikan adalah memasukkan blogspot.com dan akan langsung mengarahkan ke tempat tujuan.

 Setelah menunggu beberapa saat maka tampilan yang akan muncul adalah seperti dibawah ini. ini merupakan "pintu masuk" seperti web pada umumnya dengan menginputkan  id dan password untuk log-in kedalam web tersebut. Karena kita tidak memiliki akun maka kita klik SIGN UP, tombol berwarna merah di pojok kanan atas. Tunggu hinga muncul tampilan selanjutnya.

Seperti pada web umumnya, kita diwajibkan menginputkan data diri kita didalam pendaftarannya. Masukkan nama kalian pada textbox Name dengan memasukkan nama depan dan belakang kalian. Kemudian masukkan username yang kalian inginkan pada Choose your username. Setelah selesai masukkan password untuk akun kalian ini pada Create a password kemudian masukkan lagi password kalian pada Confirm your password. Masukkan tanggal lahir anda pada Birthday. Setelah itu pilih jenis kelamin kalian (laki-laki -->> male, perempuan -->> female) pada Gender. Lalu masukkan nomor telepon kalian pada Mobile phone dan juga email kalian pada Your current email address. Kemudian masukkan chaptca yang tertulis disana. Jangan lupa centang I agree-nya. Klik NEXT STEP.

Setelah selesai maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini. Disini jika kalian ingin meng-upload foto profil kalian pilih EDIT PROFILE PHOTO jika tidak maka pilih NEXT STEP.


 Disini saya memilih EDIT PROFILE PHOTO kemudian memilih upload dan proses uploadnya sedang berjalan. Tunggu hingga selesai. Setelah selesai atur ukuran foto profil kalian kemudian pilih SET AS PROFILE PHOTO.




Foto profilnya kini telah berubah setelah itu pilih NEXT STEP.

Proses pembuatan akun Google telah selesai sampai sini. Kita masuk ke tahap inti yaitu pembuatan blog. Pilih BACK TO BLOGGER.


Nah setelah selesai membuat akun Google sekarang masuk ke tahap pembuatan blog. Sejujurnya saya baru merasakan pembuatan blog dengan cara sekarang. Cara sekarang benar-benar simple tapi entah kenapa saya menikmati cara yang lama. Ah sudah-sudah lupakan kata-kataku barusan. Sekarang kita mulai pembahasannya 

Setelah memilih BACK TO BLOGGER maka tampilan yang akan muncul seperti berikut ini. Setelah itu klik LANJUTKAN KE BLOGGER.

Tampilan yang akan muncul adalah seperti berikut ini. Setelah itu klik BLOG BARU. Yeah.. kita akan mulai memiliki blog pribadi dalam beberapa saat lagi.

Setelah kalian memilihnya maka akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini. Masukkan judul dari blog kalian. Saran saya beri judul pada blog kalian dengan nama yang unik namun tidak ribet juga simple. Nama seperti apa itu ?? tentukanlah sendiri. Setelah memasukkan judul dari blog kalian kemudian masukkan nama alamat blog kalian. Dalam memasukkannya server pusat akan menentukan apakah nama itu telah ada atau tidak. Jika sudah ada maka kalian tidak bisa menggunakannya dan tombol BUAT BLOG tidak akan aktif. Carilah nama alamat yang simpel dan tidak merepotkan kalau bisa mudah dihafal. Sesudah itu tentukan template awal blog kalian. Jika
 tombol BUAT BLOG telah aktif maka pilih itu.


Hasilnya akan muncul pada halaman awal dari blogger seperti berikut ini. Lalu bagaimana caranya untuk melihat keadaan blog kita ?. Pilih LIHAT BLOG maka akan muncul tab baru pada browser kalian.

Nah seperti inilah keadaan blog kalian saat ini. Maklum saja kalau blog kalian masih polos melontos kan kalian baru saja membuatnya. Mungkin jika saya tidak sibuk maka saya akan membuat tutorial bagaimana mempercantik halaman blog kalian. Atau kalian bisa search sendiri dari internet hehehe (malesnya kumat).

Oke sekarang kita mulai mengoprasikan blog kita. Untuk memulainya kalian cukup masuk ke dalam dashboard blog kalian dengan cara klik nama judul blog kalian. Dan inilah tampilan dashboardnya.

Untuk memulai postingan kalian pilih gambar pensil disebelah tombol B dan mulailah menulis. Untuk melihat seluruh postingan kalian pilih POST. Untuk mengatur page pada blog kalian pilih LAMAN. Untuk mengecek komentar apa saja yang ada dan mengaturnya kalian pilih KOMENTAR. Pilih STATISTIK jika kalian ingin melihat total kunjungan orang-orang terhadap blog kalian. Untuk mengatur keadaan blog kalian pilih TATA LETAK sedangkan masalah template bisa kalian pilih TEMPLATE. Untuk mengatur lebih lanjut bagaimana blog kalian, pilih SETELAN.

Demikianlah penjelasan bagaimana membuat blog via blogspot. Semoga saja penjelasan ini berguna dan bermanfaat untuk kita semua. Akhir kata, mohon maaf jika ada kekurangan didalamnya. Maklum namanya juga manusia hehe.

Sumber : gue sendiri yang cobain

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
copyright 2020 by Ryshand.blogspot.com. Diberdayakan oleh Blogger.