HerE yOU Not OnLY gET hAVinG fuN BuT aLSo GEt KnoWLedGE
PERHATIAN
SELURUH CONTENT DI BLOG INI DAPAT MENYEBABKAN KETAGIHAN, SERANGAN KEBAHAGIAN, BERSENANG-SENANG DAN GANGGUAN TANGAN UNTUK MENG-KLIK DAN MENG-KLIK

Selasa, 13 November 2012

TIPS n TRICK MERAWAT PRINTER

Printer-icon.png (512×512)Halo halo.. ketemu lagi dengan saya yang tampan ini hoho (lebay deh). Sudah cukup lama sekali saya tidak posting pada blog kesayangan saya ini. Banyak hal yang saya kerjakan di "real world" hahaha. Maklum namanya juga mahasiswa. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips n trick merawat printer. Benda satu ini bisa dibilang penting ngga penting dalam kegiatan dan kehidupan. Dibilang penting saat kalian membutuhkan hardcopy dari file, dan ngga penting saat kalian hanya menggunakan softcopy saja. Akan tetapi tetap saja agar umur dari printer kalian lebih panjang maka kalian harus merawatnya dengan baik.


Walau zaman sekarang penggunaan kertas sudah tidak seperti pada masa lalu yang serba kertas hal ini dikarenakan kita telah memasuki era digitalisasi. Tetapi penggunaan kertas tidak bisa dilepaskan begitu saja dari kehidupan manusia. Nah untuk mencetak dalam kertas alias hardcopy maka kita menggunakan printer. Agar printer kalian tetap awet dan tahan lama, berikut ini ada beberapa tips n trick merawat printer.

  • MENUTUB LUBANG KERTAS DENGAN BENAR
Hal ini dilakukan agar tidak ada benda asing yang masuk ke dalam printer terutama untuk menghindari debu. Ingat !! debu itu salah satu musuh utama benda-benda eletronik. Sebab banyak hal yang diakibatkan jika debu itu bisa masuk terlebih lagi jika kalian jarang membersihkan printernya. Biasanya roda penggulung kertas yang berada di dalam menjadi macet dan tidak lancar. Hal seperti ini disebut dengan paper jammed. Nah kalau seperti itu kalian juga yang repot kan ?!. Jika terlanjur kemasukan debu bisa menggunakan blower untuk meniup debu-debu tersebut (di tiup manual juga bisa).

  • GUNAKAN PRINTER SETIAP HARI DAN SECARA WAJAR
Maksudnya disini bukan berarti kita melakukan print secara terus menerus. Setidaknya dalam sehari kita melakukan test print, ini bertujuan agar tinta tidak membeku dan macet jika kita gunakan dikemudian hari. Kalau sudah seperti lagi-lagi kualitas cetakan yang kalian dapatkan tidak sesuai dengan harapan. Selanjutnya dalam mencetak sesuatu itu harus dalam batasan yang wajar. Seandainya kita akan mencetak dalam jumlah banyak misal saja 50 lembar, kita melakukannya secara bertahap 10-15 lembar saja. Hal ini dilakukan agar kerja printer tidak berat.


  • PERHATIKAN TINTA PRINTER DAN CATRIDGE
Saat kita menggunakan printer tentu saja tintanya akan otomatis berkurang. Nah perhatikan tintanya, jangan sampai benar-benar habis. Tinta yang kosong dapat menyebabkan tersumbatnya head catridge. Untuk tinta infus, jangan dibiarkan tintanya tersisa di bawah dari setengah tabung. Jika menggunakan refill gunakan yang direkomendasikan agar hasil cetakan sesuai dengan harapan kalian dan catridge lebih awet. Ada kalanya catridge kalian akan rusak dan tidak bisa di refill lagi, nah kalau sudah seperti ini mau tidak mau kalian harus membeli catridge. Saat mengganti dengan yang baru, perhatikan titik-titik konduktornya agar kalian berhati-hati tidak lecet sebab jika lecet maka catridge kalian tidak akan bekerja.


  • RAWAT DAN JAGA KEBERSIHAN PRINTER 
Selalu bersihkan printer kalian. Selain terlihat bersih juga demi life time printer kalian agar lebih panjang. Perhatikan waste ink tank milik kalian agar tidak meluber. Gunakan juga diagnostic tools untuk menjalankan perintah cleaning nozzle, print head alignment, roller cleaning dll sebagai salah satu cara pembersihan dan merawat printer kalian.

  • MATIKAN SESUAI PROSEDUR
Saat telah selesai menggunakan, matikan printer kalian sesuai dengan prosedur. Yaitu dengan menekan tombol on/off pada printer kalian. Jangan main cabut saja steker dari stop kontak. Ini mempengaruhi posisi catridge kalian agar bisa kembali berada pada posisi semestinya. Jika kalian tidak mematikan sesuai prosedur dampak terburuknya adalah printer kalian mengalami kerusakan. Jika sudah seperti ini jangan sesekali kalian coba perbaiki kalau kalian tidak mengerti. Lebih baik bawa ke tukang service yang berpengalaman.

Yah demikianlah tips n trick merawat printer yang bisa saya sampaikan kepada kalian. Mudah-mudahan semua yang sampaikan dapat bermanfaat bagi kalian semua. Akhir kata, kurang lebihnya saya mohon maaf.
Sampai jumpa pada postingan selanjutnya...


Sumber : Berbagai sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
copyright 2020 by Ryshand.blogspot.com. Diberdayakan oleh Blogger.