HerE yOU Not OnLY gET hAVinG fuN BuT aLSo GEt KnoWLedGE
PERHATIAN
SELURUH CONTENT DI BLOG INI DAPAT MENYEBABKAN KETAGIHAN, SERANGAN KEBAHAGIAN, BERSENANG-SENANG DAN GANGGUAN TANGAN UNTUK MENG-KLIK DAN MENG-KLIK

Jumat, 07 Oktober 2011

DARI UANG, UNTUK UANG, KARENA UANG

Assalamualaikum Wr.Wb.

Money-Oriented.jpg (300×403)Pada pembahasan kali ini saya akan membahas mengenai seputar uang. Loh kok uang ??. Memangnya ada apa dengan uang ??. Sebenarnya sih tidak ada apa-apa dengan si uang. Disini yang ingin saya bahas mengenai uang adalah permasalahan yang selalu mengelilingi si uang tersebut, baik dari sudut pandang positif maupun sudut pandang negatifnya. Oleh karena itu pada pembahasan kali ini saya beri judul, dari uang, untuk uang, karena uang.

Sesuai dengan judulnya, maka dari itu saya akan membahas sebanyak tiga topik mengenai si uang ini. Saya akan memulai pembahasan artikel kali ini dengan topik dari uang.


miskin+%26+kaya.jpg (256×168)Sebelum membahas lebih mendalam topik ini, saya ingin mengajukan pertanyaan sederhana kepada kalian. "Dari segi apa kamu dapat membedakan antara orang kaya dengan orang miskin ?". Sangat mudah kan pertanyaannya ?!. Lalu, apa jawaban kalian dari pertanyaan sesimpel itu ?. Jelas jawabannya adalah dari uang. Kalau kalian menjawab "Saya tidak menjawab itu kok ?!". Lalu apa jawaban anda ?? penampilannya ??. Memangnya dia berdandan rapi seperti itu bukan dari uang. Seandainya si miskin didandani juga, memangnya dalam proses mendandani tersebut tidak menggunakan uang ?! jelas jawabannya dari uang.

stop-ot.jpg (250×205)aneh.jpg (398×400)Dari pertanyaan yang saya sajikan, hampir dari keseluruhan manusia memiliki prinsip dan pandangan itu. Dan karena prinsip dan pandangan itu juga yang menyebabkan mereka giat untuk bekerja. Baru bisa dikatakan "kaya" jika sudah punya banyak uang, ya itulah asumsi yang tersimpan dengan rapi dan lama di dalam otak manusia.

bayi-tidur3.jpg (424×302)maintenance.gif (321×353)Memang bagus jika kalian bersemangat dalam bekerja untuk menyejahterakan hidup kalian agar menjadi kaya, karena hal ini tergolong untuk kebaikan. Tapi hal ini dapat berubah menjadi penganiayan untuk diri sendiri jika kita melupakan limit dari tubuh kita. Ingat !! tubuh kita ini bukan mesin yang dapat bekerja secara nonstop. Bahkan mesin sendiri jika dipakai secara nonstop, maka akan rusak lebih cepat dari waktu yang sewajarnya. Oleh karena itu setidaknya dalam sehari kita beristirahat minimal selama 6 jam dan istirahat terbaik bagi badan manusia adalah tidur.

wrongway.jpg (1280×853)Selain masalah limit tubuh kita, pandangan tersebut juga memiliki dampak buruk yang lainnya. Diantaranya adalah terkadang seseorang dalam berusaha menyematkan label "kaya" pada dirinya dengan cara-cara yang salah, singkatnya menghalalkan segala cara. Kalau hal ini kalian lakukan maka akan ada dampak yang sangat buruk menanti kalian. Lalu apa dampak buruknya ??. Yang jelas dampak tersebut sesuai dengan seberapa besar dan seberapa parahnya yang telah kamu lakukan.

Oke, saya anggap selesai dalam membahas mengenai topik dari uang. Sekarang, kita akan lanjutkan pembahasan masalah si uang ini dengan membahas topik untuk uang.

kerja+keras.jpg (285×295)Permasalahan ini masih ada kaitannya dengan topik sebelumnya jadi masih ada hubungannya. Seperti sebelumnya juga, saya akan mengajukan pertanyaan ringan. "Untuk apa hingga saat ini kamu bersusah payah berusaha atau bekerja keras ?". Hmmm.... tanpa saya jawab dan menjelaskannya kalian pasti sudah mengetahui apa jawabannya.

Jelas sekali tujuan kalian bersusah payah melakukan itu semua hanya untuk uang. Ya, itu benar sekali dan itu faktanya. Lembaran-lembaran kertas atau kepingan-kepingan logam dengan tertera angka-angka tertentu yang menjadi balasan untuk kerja keras kalian. Kalau kalian berpikir secara logis lembaran-lembaran kertas tersebut hingga memiliki "nilai" yang sangat berarti itu datangnya dari mana ??. Tentu saja hal itu semua datangnya dari asumsi yang telah melekat kuat di otak manusia itu sendiri.

http://zeanettee.files.wordpress.com/2008/11/mata-duitan.jpg?w=300&h=208Karena itulah penyebab uang hingga memiliki "nilai" di mata manusia. "Mana ada sih orang jaman sekarang yang tidak doyan dengan uang ?". Itu lah kalimat yang seringkali kita dengar saat ini. Seringkali kita semua secara sadar atau tidak melakukan hal-hal buruk hanya untuk uang. Ya !! dan itu adalah faktanya.

Saya akan membatasi pembahasan mengenai untuk uang hanya sampai disini, kalau saya lanjutkan lebih dari ini maka akan melahap juga topik mengenai karena uang. Dan itu semua akan saya bahas lebih mendalam pada topik karena uang.

Pembahasan topik karena uang ini merupakan akhir dari pembahasan pada kesempatan kali ini sekaligus konklusi dari semua topik sebelumnya.

http://blogmagis.com/wp-content/uploads/2010/05/twitter-money-online.jpgPada topik ini saya tidak akan mengajukan pertanyaan apa-apa lagi kepada kalian. Disini hanya berisi penjelasan lebih mendalam dari topik karena uang. Karena uang seringkali dijadikan alasan, penyebab, motif dan berbagai istilah lainnya untuk menggambarkan latar belakang manusia dalam tindak tanduknya selama ini.

http://rationallibertariancorner.com/wp-content/uploads/2011/07/Black-Money-in-Swiss-Banks.jpgMereka semua berdalih kalau uang adalah segalanya. Mengapa sesorang repot-repot untuk korupsi kalau jelas-jelas akan berakhir pada hotel prodeo. Belum lagi balasan yang diterima saat akhirat nanti. Ada lagi kakak-adik rela saling bunuh-membunuh dalam menentukan hak waris atas peninggalan orang tua mereka. Belum lagi premanisme yang telah merajalela dijalanan selama bertahun-tahun dengan cara dan modus yang berbeda-beda. Alasan mereka semua sangat simpel dan sama yaitu karena uang.

Tapi tidak karena uang saja yang melatarbelakangi mereka melakukan itu semua, ada satu lagi yang mendorong itu semua hingga terjadi. Faktor itu adalah rasa tidak puas. Perasaan tersebut memang bagus tapi jika tidak terkendalikan, perasaan itu akan berubah menjadi kerakusan yang tak terbatas dan itu justru berdampak sangat buruk bagi kita semua. Untuk menyikapi hal tersebut kita harus menumbuhkan rasa syukur di hati dan pikiran kita.

http://chokeonwords.com/wordpress/wp-content/uploads/2010/12/money2.jpgSelain kerakusan masih ada lagi faktor pendukungnya. Perut !! loh kok perut ?!. Kalian pasti sudah akrab dengan istilah kalau urusan perut nggak bisa ditunda lagi kan ?!. Perut disini maksudnya adalah makan. Makan merupakan kebutuhan dasar makhluk hidup di muka bumi ini dan kebutuhan tersebut tidak bisa ditunda. Hubungannya antara uang dengan makan sangat erat. Jaman sekarang untuk memperoleh makanan cuma butuh uang saja tidak lebih dari itu, memangnya jaman batu kita hanya cukup barter dengan barang yang kita miliki untuk memperoleh barang (makanan) yang kita butuhkan.

Jaman sekarang itu sudah tidak ada lagi yang gratis. Kalaupun ada yang memberi cuma-cuma kepada kamu, itu harus diwaspadai sebab mungkin saja kan ada niat tertentu dibalik semua pemberiannya kepada kamu selama ini.

http://2.bp.blogspot.com/_HtVLdTU_TNc/TRW0V_LnmMI/AAAAAAAAAEw/zHLtfidFH40/s1600/joystick.jpg
http://salafiyunpad.files.wordpress.com/2011/09/korupsi-birokrasi.jpgSetelah cukup panjang membahas tiga topik yaitu dari uang, untuk uang dan bermuara pada karena uang. Dapat kita simpulkan secara garis besar bahwa selama ini manusia entah disadarinya atau tidak, dia telah "mendewakan" uang. Padahal uang itu merupakan "ciptaannya" tapi mengapa "ciptaannya" mampu mengontrol balik "penciptanya". Seharusnya manusialah selaku "penciptanya" memegang kendali penuh terhadap uang yang selaku "ciptaanya".

Demikianlah saya mengakhiri postingan kali ini. Akhir kata saya mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan atau kurang pas.

Wassalamualaikum Wr.Wb.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
copyright 2020 by Ryshand.blogspot.com. Diberdayakan oleh Blogger.