HerE yOU Not OnLY gET hAVinG fuN BuT aLSo GEt KnoWLedGE
PERHATIAN
SELURUH CONTENT DI BLOG INI DAPAT MENYEBABKAN KETAGIHAN, SERANGAN KEBAHAGIAN, BERSENANG-SENANG DAN GANGGUAN TANGAN UNTUK MENG-KLIK DAN MENG-KLIK

Minggu, 29 April 2012

E-GOVERNMENT

Assalamualaikum Wr. Wb.

eGov1.jpg (500×375)Dengan pesatnya perkembangan dunia teknologi dan informasi, maka telah merubah pola, sektor dan sendi kehidupan dari manusia itu sendiri. Perlahan-lahan semua kegiatan manusia yang dulunya bersifat konvensional telah berubah menjadi elektronik. Selain dunia perdagangan (e-commerce), dunia pemerintahan pun turut serta mengalami perubahan. Hal ini lebih di kenal dengan istilah e-government. Dimana dalam postingan kali ini akan dibahas lebih lanjut mengenai e-government tersebut.

E-government atau pemerintahan elektronik adalah interaksi digital antara pemerintah dengan masyarakat  (G2C), pemerintah dengan bisnis (G2B), pemerintah dengan karyawan (G2E), dan pemerintah dengan pemerintah/lembaga (G2G).

E-government menjelaskan penggunaan teknologi untuk memfasilitasi operasi pemerintah dan penyaluran informasi serta pelayanan pemerintah terhadap warga negara. E-government membutuhkan website dimana website tersebut berfungsi untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan warga negara melalui internet dengan menggunakan GUI (Graphical User Interfaces), IM (Instant Messaging), audio/video presentasi dan email langsung ke dalam situs. Secara singkat fokusnya ada pada :
egovernment.jpg (300×237)
  • Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, khususnya internet guna mencapai pemerintahan lebih baik
  • Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam berbagai aspek operasi pemerintahan
  • Optimasi terus menerus dari pelayanan publik, partisipasi konstitusi dan pemerintah dengan mengubah hubungan internal dan eksternal melalui teknologi, internet dan media baru.
thumbnail-large-62.jpg (250×240)Seperti pada umumnya, dalam e-government sendiri memiliki kelebihan dan kekurangan didalamnya. Berikut ini kelebihan dari e-government :
  • Demokratisasi
Seluruh warga negara dimanapun, kapanpun dapat turut serta dalam proses pemerintahan serta mengetahui segala hal mengenai pemerintahan. Hal ini membuat jalannya pemerintahan menjadi lebih transparan dan berjalan dengan semestinya sesuai pada asas demokrasi.
  • Penghematan hard copy
Salah satu penghematan hard copy adalah kertas. Karena hampir seluruh file kepemerintahan dibuat secara digital dan disimpan juga secara digital. Selain itu juga, semakin sulitnya bahan utama dari kertas, dengan melakukan penghematan maka dapat membantu go green terhadap bumi ini.
  • Kecepatan, efisiensi dan kenyamanan
Dengan menggunakan media internet, seluruh kegiatan pemerintah dapat berjalan sangat cepat. Selain itu lebih efisien karena menghemat waktu serta biaya. Dan juga kenyamanan dari pihak pemerintah dan warga negara dapat tercapai.
  • persetujuan publik
Didalam internet dapat melakukan jajak pendapat dengan menggunakan forum untuk berkomunikasi dalam suatu permasalahan. Dengan begini, seluruh masyarakat dapat memiliki andil dan turut serta dalam pemecahan suatu masalah sehingga menghasilkan persetujuan publik.

Setelah mengetahui kelebihannya, berikut ini kekurangan dari e-government tersebut :
  • Hyper-surveilans
Jika proses ini telah berjalan cukup lama, perlahan-lahan pemerintah akan mengotoritasi jalur informasi secara elektronik dimana hal ini berpotensi untuk hilangnya privasi bagi warga sipil.
  • Biaya
Dalam proses pengembangan dan implementasi e-government seringkali menelan dana yang tidak sedikit serta menghasilkan harga yang fantastis. Jika hal ini tidak bisa bermanfaat dengan baik maka dapat menjadi pemborosan terhadap anggaran pemerintah.
  • Kesenjangan digital
Hal seperti ini tidak dapat terelakkan lagi, karena pada kenyataannya tidak semua wilayah mendapatkan akses dalam internet. Pada wilayah terpencil akan mendapatkan kesulitan dalam mengakses berbagai hal dalam pemerintahan.
  • Salah pengertian trasnparansi dan akuntabilitas
Seringkali ada beberapa informasi telah mengalami perubahan baik ditambahkan, dihapus atau diubah. Bagi lawan e-government hal seperti ini meragukan dalam transparansi karena semuanya dikelola oleh pemerintah itu sendiri.

Demikianlah penjelasan mengenai e-government ini, semoga yang telah disampaikan dalam postingan kali ini dapat bermanfaat bagi seluruh pembaca dimanapun anda berada. Akhir kata, saya mohon maaf jika ada salah kata atau penulisan dalam postingan ini.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Sumber : berbagai sumber


0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
copyright 2020 by Ryshand.blogspot.com. Diberdayakan oleh Blogger.