HerE yOU Not OnLY gET hAVinG fuN BuT aLSo GEt KnoWLedGE
PERHATIAN
SELURUH CONTENT DI BLOG INI DAPAT MENYEBABKAN KETAGIHAN, SERANGAN KEBAHAGIAN, BERSENANG-SENANG DAN GANGGUAN TANGAN UNTUK MENG-KLIK DAN MENG-KLIK

Senin, 02 April 2012

ONTOLOGY

Assalamualaikum Wr.Wb.

owl.png (166×266)Didalam pembuatan web semantic yang sekarang sedang mulai boomingnya terdapat salah satu elemen pendukung dalam pembuatan web semantic tersebut. Salah satunya adalah ontology. Nah pada postingan kali ini saya akan membahas lebih dalam mengenai ontology, sehingga kita dapat memahami apa yang dimaksud ontology ini. Mungkin bagi yang ingin mengetahui apa itu semantic web dapat klik disini



Pengertian ontology sangat beragam dan berubah sesuai dengan berjalannya waktu. Berikut ini ada beberapa pendapat mengenai pengertian dari ontology, yaitu:
Neches dkk "Sebuah ontology merupakan definisi dari pengertian dasar dan relasi vocabulari dari sebuah area sebagaimana aturan dari kombinasi istilah dan relasi untuk mendefinisikan vocabulari"
Gruber "Ontology merupakan sebuah spesifikasi eksplisit dari konseptualisme"
Bedasarkan definisi yang diberikan oleh Gruber ini banyak orang yang mengemukakan pendapatnya mengenai definisi tentang onntology, diantaranya Guarino dan Giaretta yang mengumpulkan hingga tujuh definisi yang berkoresponden dengan syntactic dan semantic interpretasi  (tahun 1995) . Sedangkan pada tahun 1997, Borst melakukan penambahan dari definisi yang telah dikemukakan oleh Gruber dengan mengatakan "Sebuah ontology adalah spesifikasi formal dari sebuah konseptual yang diterima (share)".

Kemudian Struder mencoba mengemukakan defininya bedasarkan acuan dari Gruber dan Borst yaitu
"Konseptualisasi mengacu kepada sebuah model abstrak dari beberapa fenomena di dunia dengan memiliki identifikasi konsep yang relevan dari fenomena tersebut. Yang dimaksud ekspisit adalah tipe dari konsep yang digunakan dan batasan dari eksplisit yang digunakan. Shared adalah merefleksikan bahwa sebuah ontology mencoba menangkap pengetahuan secara konsensus yang tidak merupakan hal yang hanya terkait pada individu tetapi diterima oleh sebuah group/domain"
Ada juga buku yang memberikan definisi dari ontology salah satunya "The Semantic Web", didalam buku itu menjelaskan diataranya

  1. Salah satu cabang metafisika yang terfokus pada alam dan hubungan antara makhluk hidup
  2. Teori tentang sifat alami makhluk hidup
Ontology merupakan teori tentang makna dari suatu objek, properti dari suatu objek serta relasi objek tersebut yang mungkin terjadi pada suatu domain pengetahuan. Dalam bidang AI (Artificial Intelligence), ontology memiliki dua pengertian yang berkaitan. Pertama, kosakata representasi yang sering dikhususkan untuk domain atau subjek pembahasan tertentu. Kedua, sebagai suatu body of knowledge untuk menjelaskan suatu bahasan tertentu.

Seperti pada umumnya, didalam ontology sendiri ada beberapa komponen diantaranya adalah

  • Concept (Konsep)
  • Relation (Relasi)
  • Functions (Fungsi)
  • Axioms (Aksiom)
  • Instances
Agar dapat menggunakan ontology ini harus diekspresikan dalam notasi yang nyata. Bahasa ontology merupakan bahasa formal dari sebuah pengembangan ontology. Beberapa komponen yang menjadi struktur ontology diantaranya adalah :

  • XML (eXtensible Markup Language)
  • XML schema
  • RDF (Resource Description Framework)
  • RDF schema
  • OWL (Ontology Web Language)
Demikianlah penjelasan singkat mengenai ontology ini. Semoga apa yang telah saya sampaikan ada manfaatnya bagi kita semua. Akhir kata saya mohon maaf jika ada salah kata atau kurang berkenannya dari kata-kata yang tertulis disini.
Wassalamualaikum Wr.Wb.

Sumber : Berbagai sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
copyright 2020 by Ryshand.blogspot.com. Diberdayakan oleh Blogger.