HerE yOU Not OnLY gET hAVinG fuN BuT aLSo GEt KnoWLedGE
PERHATIAN
SELURUH CONTENT DI BLOG INI DAPAT MENYEBABKAN KETAGIHAN, SERANGAN KEBAHAGIAN, BERSENANG-SENANG DAN GANGGUAN TANGAN UNTUK MENG-KLIK DAN MENG-KLIK

Jumat, 28 September 2012

ANDROID SI SISTEM OPERASI SMARTPHONE

android-s.jpg (450×371)Seiring perkembangan zaman, telpon seluler a.k.a handphone telah memiliki perkembangan sangat pesat. Yang pada awalnya hanya bisa sms dan telepon kini dapat melakukan berbagai macam hal. Beberapa belakangan ini muncul istilah smartphone. Android salah satu dari beberapa sistem operasi smartphone yang berada di pasaran dan bersimbolkan robot hijau.

Nah siapa yang tidak kenal dengan si robot hijau ini ?! Pasti kenal lah.. Dan kata android sendiri kini tidak asing lagi di telinga kalian bahkan beberapa dari pembaca telah menjadi pengguna salah satu sistem operasi smartphone ini. Yah pada kesempatan kali ini saya akan membahas si robot hijau ini.

Oke kita mulai saja pembahasannya...


Android-smart-phones1.jpg (430×280)Sistem operasi mobile ini cepat sekali laris manis di pasaran. Banyak sekali penyebabnya hingga android menjadi populer hingga saat ini salah satunya dia bersifathardware open source. Yup !! dimana kita ini (sebagai pengguna) dapat juga bertindak sebagai developer aplikasi pada android ini. Android sendiri basisnya adalah linux. OS yang bersifat open source dimana android ini menggunakan kernel 2.6

Pada awalnya Android.inc dibeli oleh Google.inc yang merupakan pendatang baru pembuat software untuk ponsel. Untuk mengembangkan android ini maka dibentuklah OHA (Open Handset Alliance). OHA merupakan konsorium yang terdiri dari 34 perusahaan hardware, software dan telekomunikasi termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-mobile dan Nvidia.

smartphone-os-wars-ios-android-wp7-bbos6-webos.jpg (955×351)
Pada saat perilisan perdana android, 5 November 2007, android bersama OHA menyatakan mendukung pengembangan standar terbuka pada perangkat seluler. Di lain pihak, Google merilis kode-kode android di bawah lisensi Apache, sebuah lisensi software dan standar terbuka perangkat seluler. Di dunia ini terdapat dua jenis distributor sistem operasi android. Yaitu dukungan penuh dari Google atau Google Mail Services (GMS) dan benar-benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung dari Google atau Open Handset Distribution (OHD).

Produk awal yang menggunakan android ini adalah HTC Dream, smartphone yang di produksi oleh HTC Corporation dan tersedia di pasaran pada 22 Oktober 2008. Ada banyak sekali versi android dari tahun ke tahun diantaranya adalah :

Android-1.1.jpg (604×608)
  • Android versi 1.1
Dirilis oleh Google pada tanggal 9 Maret 2009. Android versi ini dilengkapi fasilitas berupa pembaruan estetis pada aplikasi, jam alarm, voice search, pengiriman pesan melalui Gmail dan pemberitahuan email.


    Android-1.5-Cupcake.jpg (400×400)
  • Android versi 1.5 (Cupcake)
Dirilis oleh Google pada pertengahan Mei 2009. Terdapat beberapa pembaruan termasuk juga penambahan beberapa fitur dalam seluler versi ini yaitu kemampuan merekam dan menonton video dengan modus kamera, meng-upload video ke Youtube dan gambar ke Picasa langsung, dukungan Bluetooth A2DP, kemampuan terhubung secara otomatis ke headset Bluetooth, animasi layar dan keyboard virtual yang dapat disesuaikan.


    android-1-6-sdk.jpg (320×320)
  • Android versi 1.6 (Donut)
Dirilis pada September dengan menampilkan proses pencarian yang lebih baik dibanding versi sebelumnya, penggunaan baterai indikator dan kontrol applet VPN. Fitur lain yang dimilikinya adalah galeri yang dapat memilih foto untuk di hapus, kamera, camrecorder dan galeri yang diintegrasikan, CDMA/EVDO, 802.1x, VPN, Gestures, Text-to-speech engine, dan kemampuan dial contact.


  • Android versi 2.0/2.1 (Eclair)

android-eclair.jpg (714×473)Dirilis pada 3 Desember 2009 dengan menampilkan perubahan yang dilakukan pada pengoptimalan hardware, peningkatan Google Maps 3.1.2, perubahan user interface dengan browser baru dan dukungan HTML 5, contact yang baru, dukungan flash untuk kamera 3,2 MP, digital zoom dan Bluetooth 2.1.



  • Android versi 2.2 (Froyo : Frozen yoghurt)
Android-2.2-Froyo.jpg (433×402)
Pada tanggal 20 Mei 2010, Google kembali merilis versi androidnya yaitu froyo (frozen yoghurt). Perubahan dari versi sebelumnya diantaranya adalah Adobe Flash 10.1, kecepatan kinerja dan aplikasi 2 sampai 5 kali lebih cepat, integrasi V8 JavaScript engine yang dipakai Google  Chrome yang mempercepat kemampuan rendering pada browser, pemasangan aplikasi dalam SD card, kemampuan WiFi Hotspot portabel dan kemampuan auto update dalam aplikasi Android Market.


  • Android versi 2.3 (Gingerbread)
Dirilis pada tanggal 6 Desember 2010 oleh Google. Perubahan yang terjadi pada versi ini adalah peningkatan kemampuan gaming, peningkatan fungsi copy paste, user interface didesain ulang, dukungan format video VP8 dan WebM, efek audio baru (reverb, equalization, headphone virtualization dan bass boost), dukungan kemampuan NFC (Near Field Communication) dan dukungan jumlah kamera lebih dari satu.


  • Android versi 3.0/3.1 (Honeycomb)
android-honeycomb-logo.jpg (400×324)Android versi ini dirancang khusus untuk tablet. Pada android ini mendukung ukuran layar yang jauh lebih besar. User interface-nya juga berbeda hal ini disebabkan versi ini khusus didesain untuk tablet. Mendukung multi prosesor dan juga akselerasi hardware untuk grafis, USB host API, keyboad eksternal dan perangkat penunjuk, Joystick dan Gamepads, WiFi dan layar home widget resizeable. Tablet pertama yang menggunakan Honeycomb adalah Motorola Xoom.


  • Android versi 4.0 (ICS :Ice Cream Sandwich)
Android+Ice+Cream+Sandwich.png (900×986)Dirilis pada tanggal 19 Oktober 2011. Android ini membawa fitur android versi sebelumnya yaitu Honeycomb untuk smartphone dan menambahkan beberapa fitur baru termasuk membuka kunci dengan pengenalan wajah, jaringan data pemantauan penggunaan dan kontrol, terpadu kontak jaringan sosial, perangkat tambahan fotografi, mencari email secara offline dan berbagi informasi dengan menggunakan NFC. Smartphone yang pertama kali menggunakannya adalah Samsung Galaxy Nexus.




    Android-Jelly-Bean-Logo.jpg (830×978)
  • Android versi 4.1 (Jelly Bean)
Diluncurkan saat acara Google I/O lalu membawa keunggulan dan fitur baru. Penambahan pada versi ini diantaranya meningkatkan input keyboard, desain baru fitur pencarian, user interface yang baru dan pencarian melalui suara (voice search). Tak ketinggalan juga, Google Now juga menjadi bagian yang diperbarui. Kini Google Now dapat memberikan informasi  yang tepat waktu. Salah satu kemampuannya adalah dapat mengetahui informasi cuaca, lalu-lintas ataupun hasil pertandingan olahraga. Pertama kali digunakan oleh tablet pabrikan Asus yakni Google Nexus 7.


Untuk saat ini versi terbaru dari android adalah 4.1 yang telah dijelaskan pada sebelumnya. Di kemudian hari tidak diragukan lagi akan muncul versi-versi terbaru dari android dengan fitur-fitur yang jauh lebih canggih dan perubahan lebih baik lagi dari versi-versi sebelumnya.

Demikianlah pembahasan mengenai android ini. Atas kurang dan lebihnya saya mohon maaf. Semoga yang telah di sampaikan dapat bermanfaat bagi kita semua.

Sumber : Wikipedia.org
Gambar : Google.com

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
copyright 2020 by Ryshand.blogspot.com. Diberdayakan oleh Blogger.