HerE yOU Not OnLY gET hAVinG fuN BuT aLSo GEt KnoWLedGE
PERHATIAN
SELURUH CONTENT DI BLOG INI DAPAT MENYEBABKAN KETAGIHAN, SERANGAN KEBAHAGIAN, BERSENANG-SENANG DAN GANGGUAN TANGAN UNTUK MENG-KLIK DAN MENG-KLIK

Minggu, 07 Oktober 2012

DESAIN PEMODELAN GRAFIK SECARA UMUM

400_f_5876644_vcuk1wopnixajwmfapu3kfbmigb26yzr.jpg (400×300)Hai hai... bagaimana  kabarnya para pembaca sekalian hihi.. sudah cukup lama ya saya tidak posting dan meng-update blog saya ini. Pasti kalian kangen kan dengan postingan terbarunya hihihi.

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai desain pemodelan grafik secara umum. wah apaan tuh ?! nah dari pada banyak tanya dan pembukaan yang bakal ngelantur kemana-mana.. kita langsung saja mulai pembahasannya.

Let's go...

Nah sebelum kita masuk ke inti pembahasan ada baiknya dan seperti pada biasanya, kita mulai dulu dengan pengertian atau definisi dari kata-kata tersebut. Baiklah kita mulai dulu dengan kata "desain". Menurut dari wikipedia istilah desain secara etimologi merupakan beberapa serapan bahasa yaitu kata designo (Italia) yang secara gramatikal berarti gambar.

Pada awalnya kata desain memiliki maksud merupakan gambar teknik arsitektur. Istilah tersebut awalnya juga masih berbaur dengan seni dan kriya yang tidak hanya mentitikberatkan pada nilai estetik. Intinya desain memiliki arti yaitu proses untuk membuat dan menciptakan objek baru (kata kerja) dan menyebut hasil akhir dari proses kreatif, baik itu berwujud rencana, proposal atau objek nyata (kata benda).

Setelah membahas pengertian dari kata desain sekarang kita membahas pengertian dari "Pemodelan (model)". Menurut wikipedia model adalah rencana, representasi atau deskripsi yang menjelaaskan suatu objek, sistem atau konsep yang seringkali berupa penyederhanaan atau idealisasi. Mengenai bentuknya, dapat berupa model fisik, citra atau rumusan matematis.

Nah setelah selesai membahasnya kini kita beralih membahas pengertian dari "Grafik (grafika)" itu sendiri. Menurut wikipedia grafika adalah segala cara pengungkapan dan perwujudan dalam bentuk huruf, tanda dan gambar yang diperbanyak melalui proses percetakan guna disampaikan kepada khalayak. Dalam bahasa Indonesia sendiri kata "grafis" sering dikaitkan dengan seni grafis (printmaking) dan desain grafis atau komunikasi visual.

Setelah selesai membahas pengertian dari masing-masing kata dari judulnya lalu apa makna dari "desain pemodelan grafik". Desain pemodelan grafik adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang teknik membuat sebuah objek, memanipulasi gambar dan membuat sebuah gambar dapat terlihat seperti hidup (bergerak).

Usai membahas mengenai pengertian dari kata-kata tersebut sekarang kita mulai membahas intinya. Karena luasnya mengenai pembahasan kita ini maka akan saya batasi hanya meliputi grafika komputer saja. Bagian-bagian yang meliputi dari grafika komputer ini diantaranya adalah :

  • Geometri
image020.jpg (566×310)
Geometri sendiri merupakan cabang dari matematika terapan dan komputasi geometri yang mempelajari metode dan algoritma untuk deskripsi matematika bentuk. Akan tetapi seperti yang sebelumnya disampaikan, ini menyangkut grafika komputer jadi geometri adalah cara untuk mempelajari menggambar suatu bidang baik yang memiliki 2 dimensi atau 3 dimensi.

Di dalam komputer, geometri bisa ditampilkan seperti bentuk (shape), posisi, orientasi, warna/tekstur dan cahaya tentunya dengan bantuan software pengolah grafis seperti Paint, CorelDraw, Adobe Photoshop, Blender, GIMP dan masih banyak lagi. Dengan kata lain kita membuat model matematika dari objek-objek 2D dan 3D dengan bantuan software-software tersebut.
  • Animasi
Animasi merupakan seni membuat gambar statis yang dibuat secara berurutan hingga seakan-akan dapat bergerak. Secara umum hal ini dapat dibantu dengan menggunakan komputer yang tersedia software pengolah animasi tersebut. 
robotku.png (640×480)
Bedasarkan dimensi yang digunakan, animasi dibagi dua yaitu :
  1. animasi 2D
  2. animasi 3D. 
Bedasarkan cara pembuatan, animasi dibagi menjadi lima yaitu :
  1. animasi cel
  2. animasi frame
  3. animasi sprite
  4. animasi path
  5. animasi character
  • Rendering
Rendering merupakan suatu proses akhir dari keseluruhan proses pemodelan ataupun animasi komputer. Di dalam rendering, semua data-data yang sudah dimasukkan dalam proses modeling, animasi, teksturing, pencahayaan dengan parameter tertentu akan diterjemahkan dalam sebuah bentuk output (tampilan akhir pada model dan animasi). Dengan kata lain kita membuat citra yang lebih solid dari model yang dibentuk.



Ada beberapa metode rendering diantaranya : 
  1. ray tracing rendering
  2. wireframe rendering
  3. hidden line rendering
  4. shaded rendering
  • Citra
Inti dari hal ini adalah kita mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar. Biasanya disebut pengolahan citra dengan bertujuan untuk objek atau benda yang telah kita buat dapat terlihat menarik, berkesan dan memiliki suatu makna tertentu.
Ada beberapa tipe-tipe citra diantaranya : 
  1. grafis komputer 2D
  2. pixel art
  3. vector graphics
  4. grafis komputer 3D
  5. animasi komputer
Setelah membahas pembagiannya kini kita membahas aplikasi dari grafika komputer ini. Seperti yang telah kita ketahui kalau zaman semakin canggih maka kebutuhan akan komputer sudah tidak bisa dilepaskan hampir diberbagai bidang begitu juga grafika komputer ini. Grafika komputer dapat digunakan mulai dari bidang seni, sains, bisnis, pendidikan, hiburan dan masih banyak lagi. Berikut ini adalah bidang aplikasi spesifik dari grafika komputer tersebut :
  1. GUI (Graphical User Interface) / Antarmuka pengguna
  2. Peta (kartografi)
  3. Kesehatan
  4. perancangan objek / CAD (Computer Aided Design)
  5. sistem multimedia
  6. presentasi grafik
  7. presentasi saintifik
  8. pemrosesan citra
  9. simulasi
Demikianlah penjelasan mengenai desain pemodelan grafik secara umum. Jika ada salah-salah kata atau kurang berkenan saya mohon maaf. Maklum, namanya juga manusia yang tidak pernah lepas dari salah dan lupa. Akhir kata, semoga yang telah disampaikan dapat bermanfaat bagi kalian semua.

Sumber : berbagai sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
copyright 2020 by Ryshand.blogspot.com. Diberdayakan oleh Blogger.