HerE yOU Not OnLY gET hAVinG fuN BuT aLSo GEt KnoWLedGE
PERHATIAN
SELURUH CONTENT DI BLOG INI DAPAT MENYEBABKAN KETAGIHAN, SERANGAN KEBAHAGIAN, BERSENANG-SENANG DAN GANGGUAN TANGAN UNTUK MENG-KLIK DAN MENG-KLIK

Selasa, 24 Agustus 2010

.KAMEN RIDER (仮面ライダー).

Bagi para penggemar Tokusatsu, pasti udah tau banget dengan kata "Kamen Rider". Yap, serial Kamen Rider ini begitu terkenal di seluruh dunia. Memang tidak semua serial dari Kamen Rider diputar di Indonesia, walau begitu kita tetap bisa nonton filmnya dari internet.
Serial ini sepertinya tidak akan ada habisnya. Mati satu tumbuh sejuta (maaf peribahasanya gw ganti sngking banyaknya serial Kamen Rider hehe..) itulah istilah yang kurang lebih cocok untuk serial ini. Film ini merupakan salah satu hasil dari industri film Jepang yang sangat laris dipasaran, baik film serinya maupun film bioskopnya.
Namun sayangnya tidak semua penggemar senang dengan kelanjutan serial Kamen Rider ini. Beberapa kawan gw bilang, "makin ke sini makin kayak robot udah hilang unsur serangganya" Gw juga secara pribadi pun setuju dengan pendapat ini (emang selera orang beda-beda... what about you??). Bagi gw serial Kamen Rider yang masih ada style serangganya ya Kamen Rider Kuuga, mentok-mentok ya Kamen Rider Agito. Kalau Kamen Rider Kabuto sih ada style serangganya tapi unsur mesinnya begitu mendominasi.

Secara garis besar serial ini dibagi dua. Pembagian ini bedasarkan versi yang beredar di masyarakat. Ada versi Jepang dan versi Amerika. Memang seperti yang kita tau versi Jepang yang asli sedangkan versi Amerika hanya adaptasi dan beda alur ceritanya. Tapi tidak semua versi Jepang yang dibuat dalam versi Amerikanya.
Sedangkan di Jepang sendiri penayangan film ini dibedakan dua era yaitu era Showa dan era Heisei. Serial Kamen Rider era Showa mulai dari Kamen Rider Ichigo sampai Kamen Rider Black RX, dan era Heisei mulai dari Kamen Rider Kuuga hingga Kamen Rider OOO ( ini bakal ditayangin setelah Kamen Rider W, tapi disini yang bakal gw jelasin cuma sampai Kamen Rider Decade soalnya Kamen Rider W gw masih belum paham hehehe... sedangkan Kamen Rider OOO gw blum bca skrip sinopsisnya hehehe jadi maaf ya...)

Dari pada panjang lebar lagi... Here we go!!! penjelasan Kamen Rider-nya.



Kamen Rider Ichigo dan Kamen Rider Niigo
Mulai ditayangkan pada tanggal 3 April 1971 sampai dengan tanggal 10 Februari 1973. Inilah serial pertama Kamen Rider, bisa dibilang inilah leluhudrnya Kamen Rider sekarang.
Mengisahkan Hongo Takeshi adalah seorang mahasiswa biasa yang mempelajari biokimia di Universitas Jonan dan seorang pembalap motor amatir. Suatu hari Hongo diculik dan diubah menjadi Hopper (Kamen rider Ichigo) oleh Dai-Shocker dan dijadikan budaknya untuk menguasai dunia. Namun Hongo berkhianat dan melarikan diri. Hongo justru turut membantu manusia melawan Dai-Shocker. Sekitar di episode 24, pemeran Hongo mengalami kecelakaan sementara itu show must go on, maka jadilah saat itu Hongo diceritakan menghilang lalu muncul Ichimonji yang merupakan Hopper (Kamen Rider Niigo) yang juga membelot dan membela manusia. Setelah episode ke 41 Ichigo dan Niigo tampil sebagai Double Rider. Serial ini merupakan serial Kamen Rider yang terlama yang pernah diproduksi oleh TOEI.

Kamen Rider V3
Serial ini mulai ditayangkan pada tanggal 17 Februari 1973 sampai dengan 9 Februari 1974. Serial ini merupakan kelanjutan dari serial Kamen Rider sebelumnya. Kisah ini berlanjut setelah kekalahan Dai-Shocker. Hongo dan Ichimonji melanjutkan hidup mereka dengan menjadi ilmuwan. Ambisi Dai-Shocker dilanjutkan oleh Destron. Dalam suatu penyerangan Destron, yang seharusnya Hongo malah Kazami Shiro yang jadi korban. Di waktu bersamaan, keluarga Kazami habis dibantai Destron. Karena merasa bersalah, Hongo dan Ichimonji memodifikasi tubuh Kazami dan terlahir kembali memiliki kekuatan Kamen Rider V3. Sayangnya dia harus berjuang sendirian, karena di episode 3 Ichigo dan Niigo tewas (wajarlah judulnya Kamen Rider V3...)
Di Indonesia serial ini ditayangkan pada tahun 1989 (gw belum lahir tuh hehehe...) di TVRI. Hanya saja gak semuanya di tayangin.

Kamen Rider X
Tayang mulai tanggal 16 Februari 1974 sampai dengan 12 Oktober 1974. Keisuke Jin menjadi Kamen Rider X dan melawan G.O.D (Government Of Darkness) yang dipimpin Appolo Geist. Monster yang dihadapi oleh Kamen Rider X dinamakan Shinwajakin dan Akuninkaijin. Rider X-lah yang memelopori penggunaan senjata bagi Rider. Kamen Rider X menggunakan tongkat yang sekaligus bisa menjadi pedang.

Kamen Rider Amazon
Mulai disiarkan pada tanggal 19 Oktober 1974 sampai pada tanggal 29 Maret 1975.
Kisah ini bermula ketika Daisuke Yamamoto yang gemar traveling itu tersesat dibelantara Amazon. Dia diselamatkan suku setempat dam diberi kekuatan cicak. Sekembalinya dari Amazon, Jepang telah dikuasai Garanda Empire. Daisuke pun memutuskan melawan organisasi penerus Shocker tersebut.
Ngomong-ngomong Rider ini sangat unik aneh atau apalah... karena dia bukan Rider serangga dan juga kalau mau berubah nggak bilang "Henshin" tapi malah nyebut namanya sendiri.... "Amazoooonnn" (narsies juga ni Rider..).

Kamen Rider Stronger
Mulai disiarkan tanggal 5 April 1975 sampai 27 Desember 1975. Di serial ini Kamen Rider terdahulu sempat muncul. Rider ini menggunakan kekuatan listirk, yang besarnya 200.000 Volt (wuiihh gak bakal tuh mati lampu di ruma gw kalo gw punya kekuatan kayak gitu hahahaha). Pengguna kekuatan Kamen Rider Stonger adalah Shigeru Jo. Shigeru melawan organisasi jahat yang bernama Black Satan.

Kamen Rider Skyrider
Selama 4 tahun TOEI fakum dari produksi Kamen Rider akhirnya kembali menayangkan serial Kamen Rider dengan judul New Kamen Rider (Skyrider). Ditayangakan mulai tanggal 5 Oktober 1979 sampai tanggal 10 Oktober 1980.  Diceritakan Hitori Tsukuba yang merupakan Kamen Rider Skyrider menghadapi Neo Shocker yang bangkit dari kematiannya. Sesuai dengan judulnya, Skyrider memiliki kemamapuan terbang karena lawannya juga pada bisa terbang (yaeyalah kan kasihan masa musuhnya melayang" Skyrider bengong dibawah hehehehe...)

Kamen Rider Super1
Mulai disiarkan tanggal 17 Oktober 1980 sampai tanggal 3 Oktober 1981. Kisahnya dimulai saat Kazuya Oki menjalani operasi yang dilakukan oleh NASA dan berhasil mengubahnya menjadi Kamen Rider Super1. Musuh yang dihadapi oleh Kamen Rider Super1 adalah Dogma Kingdom dan diteruskan menghadapi Jin Dogma yang merupakan penerus Dogma Kingdom.

Kamen Rider Black
Sama seperti sebelum Skyrider, TOEI lagi-lagi fakum dan kali ini untuk 6 tahun (lama banget.... bt dah tuh para fans Tokusatsu nunggu hehehe). Mulai disiarkan tanggal 4 Oktober 1987 sampai dengan 9 Oktober 1988.
Kotaro Minami dan Nobuhiko Akizuki menjadi kelinci percobaan Golgom. Keduanya diimplan batu Kingston. Mereka Berdua akan dijadikan senjata Golgom untuk menguasai dunia, dengan cara menghapus memori mereka. Namun hal ini gagal bagi Kotaro dan kabur. Akhirnya Kotaro melawan Golgom serta Nobuhiko yang menjadi Shadow Moon. Semenjak Kamen Rider Black, selalu muncul versi evil-nya di tiap serinya Kamen Rider (G4 di KR Agito, Ryuga di KR Ryuki, Dark Kabuto di KR Kabuto dll....).
Kamen Rider Black diputar di Indonesia pada tahun 1991 hingga selesai oleh RCTI dan disiarkan kembali oleh INDOSIAR pada tahun 2005.


Kamen Rider Black RX
Disiarkan mulai 23 Oktober 1988 hingga tanggal 24 September 1989. Kamen Rider Black RX ini merupakan kelanjutan dari Kamen Rider Black, kisahnya dimulai saat setahun setelah kehancuran Golgom. Kotaro menjalani kehidupan layaknya manusia biasa, namun bumi kembali diserang oleh Crysis Empire. Kotaro kembali menggunakan batu kingstonnya untuk berubah menjadi Kamen Rider Black namun gagal yang disebabkan Kotaro telah kehilangan kekuatan batu kingstonnya. Karena kalah, Kotaro dibuang ke luar angkasa. Disana Kotaro merasakan sesuatu terjadi dengan batu kingston yang diakibatkan terkena radiasi matahari. Di episode 22 Shadow Moon kembali muncul dan menjadi rival. Dipenghujung, Black RX dibantu oleh Rider-Rider pendahulunya.
Kamen Rider Black RX juga menjadi inspirator bagi kelanjutan serial KR, karena Black RX-lah yang pertama kali yang bisa berganti form (roborider dan biorider) sehingga dikemudian hari Rider mampu ganti form.
Seri ini juga dibuat versi Amerikanya olleh Saban's Entertainment. Kamen Rider inilah yang dikenal sebagai "ksatria baja hitam". Sama seperti Kamen Rider Black, Kamen Rider Black RX disiarkan di Indonesia oleh RCTI tahun 1992, selain versi Jepang versi Amerikanya pun sempat ditayangkan di Indonesia. Selain itu Rider ini merupakan penutup era Showa.


Kamen Rider Kuuga
Ucapkan selamat datang pada era Heisei dan selamat tinggal era Showa. Inilah pembuka serial Rider era Heisei. Mulai ditayangkan tanggal 30 Januari 2000 sampai dengan 21 Januari 2001.
Mengisahkan di masa lampau hiduplah makhluk yang bernam grongi dan lindo. Keduanya bermusuhan. Lindo inilah yang menjadi manusia sekarang, sementara itu grongi manusia dengan kecerdasan tinggi. Kuuga merupakan salah satu dari Grongi yang berkhianat justru menolong dan membela lindo/manusia. Pada masa kini yang menjadi Kuuga adalah Yusuke Godai. Setiap bertarung Kuuga mampu ganti form. Setau gw..  form terbanyak adalah Kuuga. Kuuga-lah yang memelopori ultimate form (form sempurna) dan kemudian seluruh Rider sesudahnya memiliki form sempurna dengan istilah masing-masing  (shining untuk Agito, hyper untuk Kabuto, climak untuk Den-O, dll). Di Kuuga ini kerjasama antara pihak kepolisian Jepang juga begitu bagus, jadi lebih natural.
Serial Kamen Rider Kuuga ditayangkan di Indonesia oleh RCTI hingga selesai.



Kamen Rider Agito
Mulai ditayangkan pada tanggal 28 Januari 2001 hingga pada tanggal 27 Januari 2002. Sebenarnya latar cerita Kamen Rider Agito tidak terlalu berbeda (liat aja Rider-nya, gak jauh beda kn?!). Kisahnya kali ini berfokus pada lindo. Dahulu kala di suku lindo terdapat dua orang penguasa yang kuat, mereka berdua kakakberadik. Overlord of light dan overlord of darkness namanya. Walau begitu mereka saling berperang demi kekuasaan, namun overlord of light kalah dan mewariskan kekuatannya kepada manusia. Bagi manusia yang tidak mampu mengontrol maka akan menjadi Kamen Rider Agito. Sementara itu overlord of darkness menyuruh unknown untuk membunuh manusia yang menjadi Agito bahkan yang berpotensi menjadi Agito pun diincar juga. Manusia yang mampu mengontrol kekuatan Agito adalah Shochi Tsugami (paran utama) dan Kaoru Kino, namun di kemudian hari kalah. Jepang pun mengembangkan teknologi demi keamanan Jepang dari unknown dengan membuat G3 (ada juga G4 namun versi movie-nya). Sementara itu ada juga Rider organik (ada yang bilang termasuk unknown) bernama Gills. dan kalau nonton movie-nya yang judulnya "Aratanaru Henshin", bakal tau dah wujud evolusi dari Agito dan Gills. Kereeenn bangeeettt.
Kamen Rider inilah yang memulai dengan jumlah Rider lebih dari satu dalam pihak yang sama. Kamen Rider Agito disiarkan di Indonesia oleh INDOSIAR hingga selesai.

Kamen Rider Ryuki
Muali ditayangkan pada tanggal 3 Februari 2002 sampai dengan tanggal 19 Januari 2003. Kamen Rider Ryuki ini inti dari semuanya kayak survival game gitu, yang terkuat bertahan hidup. Rider di serial ini jumlahya buuaaaannnyyyyaaaakkk banggeeeettt. Ada 13 Rider bro!!. Peeran utama (Kamen Rider Ryuki) adalah Shinji Kido yang merupakan staf jurnal ORE. Kisahnya bermula dari seorang peneliti Kanzaki Shiro yang konon turut serta dalam pertarungan dengan menjadi Kamen Rider Odin, membuat mirror world (arena bertarung Rider dan tempat monster tinggal) untuk mengubah masa lalu. Seluruh Rider diiming-imingi oleh Kanzaki akan dikabulkan apapun permintaannya, maka jadilah perang sesama Rider dengan cita-cita masing-masing. Para Rider harus melakukan kontrak dengan monster untuk digunakan kekuatannya (kalau gak melakukan kontrak nanti kayak Ryuki di episode 1). Disini muncul Rider wanita pertama yaitu Kamen Rider Femme. Selain itu Kamen Rider Ryuki menggunakan kartu sebagai sumber kekuatan mereka (pelopor using card).
Di Indonesia serial ini disiarkan oleh RCTI hingga selesai dan kini versi Amerikanya sedang disiarkan INDOSIAR.

Kamen Rider 555
Mulai ditayangkan pada tanggal 26 Januari 2003 dan selesai pada tanggal 18 Januari 2004. Latar cerita tidak lepas dengan simbol-simbol huruf Yunani. Dikisahkan, sebuah perusahaan besar yang bernama smart brain yang memproduksi perlatan elektonika sehari-hari diam-diam mengembangkan tiga belt yang dapat menjadikan orphenoch seperti pemimpin mereka yaitu arch orphenoch. Dan berfungsi sebagai body guard bagi arch orphenoch. Namun salah satu orphenoch ada yang berkhianat dan mengambil ketiga belt itu serta menyembunyikannya. Secara acak ketiga orang menerima belt tersebut. Pengguna Faiz ( peran utama ) adalah Takumi Inui yang menggunakan auto vajin sebagai sepeda motornya yang mampu berubah menjadi robot. Pengguna Kaixa yaitu Masato Kusaka yang menggunakan sepeda motor bernama side basser yang juga mampu berubah menjadi robot. Ukurannya jauh lebih besar dari auto vajin dan juga bisa di tunggangi. Dan pengguna Delta yaitu Shuji Mihara yang menggunakan jet sliger sebagai kendaraanya.
Selain ketiga rider diatas ada juga Omega, Psyga, Alfa, Beta, dan Gamma.
Disiarkan di Indonesia oleh INDOSIAR dan disiarkan ulang oleh SPACETOON.

Kamen Rider Blade
Ditayangkan pada tanggal 25 Januari 2004 sampai dengan pada tanggal 23 Januari 2005.
Latar ceritanya bernuansa kartu bridge yang masing-masing punya peran. Para rider mampu berubah menjadi rider jika mereka menggunakan kekuatan undead tipe as. Keempat rider tersebut adalah Blade, Garren, Chalice, Leangle. Walaupun peran utama, rider system Blade merupakan generasi kedua setelah Garren dan yang terakhir Leangle yang dikeluarkan oleh BOARD (klo Chalice ntu undean type joker, dia gak pake belt rider system).
Dikisahkan zaman dahulu hidup makhluk yang benama undead. Mereka melakukan pertarungan untuk menentukan siapa yang pantas mendiami bumi yng bernama Battle Royale. BOARD berfungsi menghabisi mereka namun sesuai namanya, mereka tak bisa mati maka jadilah mereka disegel di dalam kartu (sebenernya udah disegel cuman gara-gara kesalahan jadi lepas semua).
Ditayangkan di Indonesia oleh ANTV.

Kamen Rider Hibiki
Mulai ditayangkan tanggal 30 Januari 2005 dan berakhir pada tahun 22 Januari 2006.
Serial Kamen Rider Hibiki ini bisa dibilang aneh, soalnya senjata yang diguanakan semuanya alat musik selain itu gak ada unsur serangganya sama sekali (mungkin disesuaikan dengan lawannya yaitu setan).
Pada masa lalu banyak orang menjadi makhluk jadi-jadian karena mendalami ilmu hitam. Mereka semua tersembunyi dari peradaban tapi mereka ini sesungguhnya dipihak manusia yang dinamakan oni. Hibiki merupakan salah satu dari oni. Mereka semuanya melindungi manusia dari setan yang bernama makamou. Mereka mengembangkan suatu alat agar lebih instan berubah jadi makhluk jadi-jadian. Mereka menggunakan kekuatan suara sebagai media penyucian dari makamou. Alat musik yang digunakan taiko, terompet, samisen, dll.

Kamen Rider Kabuto
Mulai ditayangkan pada tanggal 29 Januari 2006 dan selesai pada tanggal 21 Januari 2007.
Serangan alien yang bernama worm di Shibuya sekitar 7 tahun yang lalu. Muncul organisasi yang menanggulangi masalah ini yang bernama ZECT. ZECT mengunakan serangga biomekanik dalam rider system-nya. Ada beberapa rider yang muncul disini. Sementara itu pengguna rider kabuto adalah Tendou Soji yang bisa dibilang free sebab dia tidak tergabung dalam ZECT. Para rider disini memiliki ability khusus, yaitu melebihi kecepatan yang dapat manusia lihat yang bernama clock up hal ini disebabkan para worm juga memiliki kemampuan ini. Selain itu serial ini bisa dibilang gak ngebosenin soalnya ada humornya juga yang bakal buat ketwa ngakak dah (tapi selera humor orang kan beda-beda.... ntu menurut gw).

Kamen Rider Den-O
Mulai disiarkan pada tanggal 28 Januari 2007 dan selesai pada tanggal 2 Januari 2008.
Mengisahkan Ryotaro Nogami adalah pemuda dengan nasib buruk. Suatu ketika, Nogami bertemu dengan seorang gadis yang bernama Hana. Tidak hanya itu, Nogami pun bertemu dengan makhluk yang benama imagin, yaitu Momotaros ( Den-O sword form ), Urataros ( Den-O rod form ), Kintaros ( Den-O axe form ), Ryutaros ( Den-O gun form ). Mereka bersama-sama menghadapi imagin jahat yang ingin merubah masa lalu mereka dengan cara menyebrangi waktu ke masa depan dan bekerja sama dengan manusia yang lemah hatinya. Mereka semua dalam menyebrangi waktu menggunakan kereta besar yang bernama Den Liner.
Beberapa orang berpendapat kalau serial Kamen Rider ini terlalu banyak humornya dan terkesan "kemayu" tapi bagi gw sih biasa aja.... dan Den-O ini begitu full color dalam desain kostumnya.

Kamen Rider Kiva
Pertama kali tayang pada tanggal 27 Januari 2008 dan selesai pada tanggal 18 Januari 2009.
Kisahnya terbagi dua alur yaitu pada tahun 1986 dan tahun 2008, namun alur utamanya tahun 2008.
Fangire telah ada sejak ratusan tahun yang lalu, mereka menghisap energi kehidupan manusia sebagai makanannya. Bagi manusia yang telah menjadi korbannya, maka tubuhnya akan menjadi transparan lalu mati. Lalu pada tahun 1980-an dibentuk Aozora oleh Mamoru Shima yang bertugas memburu fangire dengan menggunakan IXA rider system. Ditahun 2008 Wataru Kurenai/Kamen Rider Kiva memiliki kekuatan Kiva karena dia merupakan setengah fangire sebab ibunya adalah fangire kelas Queen dan ayahnya Otoya Kurenai pengguna IXA tahun 1986. Wataru menggunakan kivat bat 3rd untuk menjadi kamen rider kiva. Walaupun berada dipihak manusia, Aozora tetap memburu dan ingin menghabisi Wataru yang dipandang masih keturunan fangire. Sementara itu, Taiga Nobori yang merupakan saudara lain ayah dengan Wataru yang menggunakan kivat 2nd menjadi Dark Kiva dan menjadi rival dengan Wataru.


Kamen Rider Decade
Disiarkan mulai tanggal 25 Januari 2009 dan selesai pada tanggal 30 Agustus 2009.
Kamen rider ini bisa dibilang nostalgia karena sembilan kamen rider Heisei muncul ( dari Kuuga ampe Kiva ).
Selain itu rider dari era Showa juga muncul hanya saja dalam versi movie-nya. Kisahnya dimulai saat Sembilan dunia rider akan saling terbentur satu sama lain termasuk dunianya Tsukasa Kadoya. Hal ini mengakibatkan kekacauan besar bahkan akan hancur total. Untuk menghentikan itu semua Tsukasa berjalan menyebrangi dimensi menuju dunia rider tersebut dengan menjadi decade dan mengalahkan semuanya. Kemampuan Decade adalah mengubah dirinya sama dengan Kuuga, Agito, Ryuki, Faiz, Blade, Hibiki, Kabuto, Den-O dan Kiva (wah.. curang ya.. copy-paste nih). Sebenarnya perang rider ini sudah dilihat oleh Natsumi Hikari didalam mimpinya. Yang tersisa dari perang tersebut hanya Kuuga. Selain itu serial KR ini muncul satu scene dengan sentai heroes tidak hanya itu, serial kelanjutan KR ini ( Kamen Rider W ) juga muncul ( promosi nih ye.... ).
Nih gw kasih liat Kamen Rider W
Gimana menurut lu pada desain kostumnya???

Sekian penjelannya dari gw, atas kurang lebihnya gw minta maaf. Kalau mau komentar silahkan, tapi jangan keterlaluan.Oh ya sorry nih... gw gak bisa nampilin semua rider beserta atributnya dan lain sebagainya di serial Kamen Rider soalnya gw.... males hehehe.. kalo mau tau.. search aja sendiri di google hehehe... ^_^

Sumber : Berbagai sumber

2 komentar:

Kawosh Kamenu Raida Gaim mengatakan...

Update dungs sampai Gaim.. ^_^

ryshand mengatakan...

seep.. nanti kalo ada waktu bakal di update sampai gaim >.<

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
copyright 2020 by Ryshand.blogspot.com. Diberdayakan oleh Blogger.