HerE yOU Not OnLY gET hAVinG fuN BuT aLSo GEt KnoWLedGE
PERHATIAN
SELURUH CONTENT DI BLOG INI DAPAT MENYEBABKAN KETAGIHAN, SERANGAN KEBAHAGIAN, BERSENANG-SENANG DAN GANGGUAN TANGAN UNTUK MENG-KLIK DAN MENG-KLIK

Sabtu, 03 Maret 2012

ANTARA INSPIRASI DENGAN PLAGIATISME

Hai hai.. sudah lama ya saya tidak posting pada blog kesayangan saya ini. Maaf, bukannya sudah lupa dengan blog ini tapi saya sedang sibuk haha... (pakai segala curhat). Ok deh dari pada jadi ajang curhat, mendingan saya berikan artikel buah pikir saya selama ini...

Check it out...

Sebelum kita membahas ke inti, seperti biasanya. Saya akan memberikan pemanasan dulu biar nggak keram hehe. Dalam pembahasan kali ini, saya akan lebih menitikberatkan pada seni musik. Sebab jika saya tidak menitikberatkan atau membatasi maka akan kabur serta meluas inti permasalahan yang akan dibahas. Nah, mari kita mulai. 

Tahu artinya plagiatisme ??. Menurut Wikipedia,  Plagiatisme adalah pengambilan karangan, pendapat, dan sebagainya dari orang lain dan menjadikannya seakan akan karangan dan pendapat tersebut miliknya. Lalu apa artinya inspirasi ??. Setelah lama saya searching untuk mencari arti dari kata tersebut, makin bikin saya pusing.. kenapa ?? Karena terlalu banyak memberikan pengertian dan penjelasan dari kata "inspirasi" tersebut, maka akan saya simpulkan saja garis besarnya dari seluruh yang saya baca dan dapatkan. Inspirasi merupakan suatu hal yang memberikan sesuatu di dalam otak anda biasanya hal tersebut bersifat unik, aneh dan original. Pada umumnya datangnya inspirasi secara tiba-tiba dan dimana saja.

Nah setelah membahas pengertian dan arti dari dua kata tersebut, anda pasti dapat menyimpulkan sendiri dari pengertian kata-kata tersebut. Tanpa saya jelaskan lebih mendetail, anda semua dapat paham bahwa dua kata tersebut berbeda jauh maknanya. Parahnya... segelintir orang sering kali menggunakan kata inspirasi dalam pembuatan karya mereka, entah untuk menutupi plagiat yang telah mereka lakukan atau memang 'inspirasi' sesungguhnya.

Hal ini sering kita lihat disekeliling kita atau malah kita sendiri yang telah melakukan plagiat tersebut tanpa kita sadari. Seperti yang telah saya sampaikan terlebih dahulu kalau pembahasan kita lebih ke arah musik maka yang menjadi perhatian kita cukup musik saja. Sebelum lebih lanjut membahasnya, saya akan sedikit menanyakan kepada anda.. apakah anda pernah mendengarkan lagu dari si A kok sama ya dengan si B begitu seterusnya...

Hmm... mungkin ngga sengaja kali ya hehehe... masa iya ?! walaupun kunci nada secara dasar hanya ada 8 (do re mi fa sol la si do/C D E F G H A B C) selebihnya hanya di beri tanda kres dan mol untuk membedakan ketinggian nadanya. (mohon maaf kalau ada kesalahan ya :p maklum ilmu seni musik saya otodidak hehe) yang membedakan selanjutnya ada tempo serta ritme dari lagu tersebut. Nah kalau seadainya nada dan tempo serta ritmenya sama yang beda hanya liriknya saja... apakah itu inspirasi atau plagiat ??

Entahlah... hanya dia dan Allah swt yang mengetahui hehe. Kasus tersebut tidak satu atau dua tapi sudah banyak sekali hal tersebut terjadi. Mungkin bagi anda yang hanya sebagai penikmat musik sering kali tidak mau ambil pusing atas hal itu semua tapi apakah anda akan berkata demikian jika seandainya andalah yang berada di posisi pemilik karya original. Masih bisakah anda tidak ambil pusing ??.

Saya jamin anda bakal kebakaran jenggot kalau mengetahui hal itu. Marah ngga jelas menuntut kesana kemari bikin laporan hukum dan semacamnya berikut embel-embel ganti rugi de el el. Memang merepotkan dan menyakitkan jika mengetahui kalau karya kita disadur tanpa ijin tertulis dari kita dan seenaknya me-publish atas nama mereka. Hmm.. Hal tersebut bisa menjadi tidak menyakitkan jika seandainya pihak tersebut meminta ijin secara tertulis dengan pihak bersangkutan untuk menyadur lagu-lagu mereka, ini legal loh.

Contoh dari kejadian tersebut adalah pihak Wali band dimana band tersebut lagunya disadur oleh penyanyi luar negeri dengan ijin tertulis. Kalau seperti itu sana-sini senang kan ?! nggak bakal ada masalah yang rumit muncul ke permukaan hoho..

Tapi semua itu berpulang lagi kepada seniman itu sendiri... apakah mereka mau 'menipu' diri mereka sendiri atau berburu inspirasi sesungguhnya untuk karya mereka ??

Sekian dari saya untuk posting kali ini... Mohon maaf kalau ada salah kata atau kurang berkenan di hati pembaca blog saya ini. Akhir kata... Terima kasih sudah mau membacanya :D

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
copyright 2020 by Ryshand.blogspot.com. Diberdayakan oleh Blogger.