HerE yOU Not OnLY gET hAVinG fuN BuT aLSo GEt KnoWLedGE
PERHATIAN
SELURUH CONTENT DI BLOG INI DAPAT MENYEBABKAN KETAGIHAN, SERANGAN KEBAHAGIAN, BERSENANG-SENANG DAN GANGGUAN TANGAN UNTUK MENG-KLIK DAN MENG-KLIK

Rabu, 07 Maret 2012

SEMANTIC WEB

Assalamualaikum Wr.Wb.

Seiring perkembangan zaman, teknologi informasi dan komunikasi tidak hanya menjadi sebagai gaya hidup tapi telah menjadi suatu kebutuhan berbagai kalangan. Atas hal ini juga, membuat dunia web menjadi berkembang sangat pesat. Namun hal ini menumbuhkan 'informasi sampah' di dalam web, sebab informasi yang kita cari tidak sesuai dengan yang kita dapatkan. Hal ini jelas memakan waktu yang tidak sedikit dan ditambah parah malah tidak ketemu sama sekali dengan yang kita inginkan.


Karena hal itu juga membuat para perancang web berkeinginan membuat web 'pintar', dimana web tersebut lebih memahami apa yang kita cari sehingga menghemat waktu bahkan uang. Web yang dimaksud adalah web semantic.

Kata web semantic sendiri terdiri dari dua kata yaitu, web dan semantic. Web disini berarti jaringan komputer yang terdiri dari kumpulan situs internet dengan menggunakan teks/grafis/gambar/suara melalui protokol transfer hypertext. Namun kebanyakan orang memahami web itu sebagai www(world wide web), dimana www itu sendiri merupakan layanan internet yang paling populer dan berjalan dengan protokol http (hypertext transfer protokol). Sedangkan Semantic berarti ilmu tentang makna atau tentang arti yang berasal salah satu dari tiga tataran analisis bahasa yaitu fonologi, gramatika dan semantic.

Dengan kata lain web semantic merupakan suatu kemampuan aplikasi komputer dapat lebih memahami bahasa manusia, bukan hanya bahasa baku melainkan bahasa yang lebih kompleks seperti bahasa percakapan sehari-sehari. Web semantic dapat mengolah bahasa dan mengenali homonim, sinonim, atau atribut yang berbeda pada suatu database. Sedangkan istilah web semantic sendiri dicetuskan oleh Tim Berners-Lee, sang penemu World Wide Web.

Sekarang konsep web semantic itu sendiri rumornya akan diterapkan pada web 3.0, bahkan terkadang web 3.0 sering kali disamakan dengan web semantic itu sendiri. Web semantic menggunakan XML, XMLS (XML Schema), RDF, RDF, RDFS (Resources Description Framework Schema) dan OWL.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai web semantic ini. Mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan di hati pembaca. Akhir kata, terima kasih telah membaca serta semoga semua yang telah disampaikan dapat bermanfaat.
Wassalamualaikum Wr.Wb.

Sumber : berbagai sumber

2 komentar:

hanum mengatakan...

terkait dengan implementasi web semantic, bisa diunduh artikel berikut http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/978/1/11106683.pdf

ryshand mengatakan...

@all : thanks buat infonya... saya akan mengunjunginya..

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
copyright 2020 by Ryshand.blogspot.com. Diberdayakan oleh Blogger.