HerE yOU Not OnLY gET hAVinG fuN BuT aLSo GEt KnoWLedGE
PERHATIAN
SELURUH CONTENT DI BLOG INI DAPAT MENYEBABKAN KETAGIHAN, SERANGAN KEBAHAGIAN, BERSENANG-SENANG DAN GANGGUAN TANGAN UNTUK MENG-KLIK DAN MENG-KLIK

Senin, 05 Maret 2012

PEMROGRAMAN WEB

Assalamualaikum Wr.Wb.
Seperti yang kita tahu kalau saat ini kebutuhan akan informasi secara cepat sudah sangat penting. Bisa dibilang sebagai kebutuhan primer apapun itu tujuannya. Karena hal itu pulalah yang membuat web dalam hal ini adalah internet berkembang sangat pesat sekali dalam beberapa tahun terakhir ini. Dan karena hal itu juga orang-orang yang menguasai pemrograman web mulai sangat dibutuhkan.

Maka pada pembahasan kali ini, saya akan membahas mengenai pemrograman web. Sebelum membahas lebih lanjut seperti biasa saya akan menjabarkan pengertian dasar dari pemrograman web itu sendiri agar setidaknya kalian dapat memahami dasar dari pemrograman web.
Pemrograman web terdiri dari dua kata, yaitu pemrograman dan web. Pemrograman sendiri berarti proses atau cara dalam pembuatan program (dalam bahasa Inggris : programming) sedangkan web sendiri berarti jaringan komputer yang terdiri dari kumpulan situs internet dengan menggunakan teks/grafis/gambar/suara melalui protokol transfer hypertext. Namun kebanyakan orang memahami web itu sebagai www(world wide web), dimana www itu sendiri merupakan layanan internet yang paling populer dan berjalan dengan protokol http (hypertext transfer protokol).

Dengan demikian bisa kita ambil kesimpulan pengertian dari pemrograman web, yaitu suatu proses/cara dalam pembuatan suatu web dalam hal ini bisa berarti situs internet dengan menampilkan teks/grafis/gambar/suara.

Seperti halnya dalam pembuatan aplikasi untuk dekstop/mobile, dalam pembuatan web sendiri tidak jauh berbeda hanya saja, pemrograman web memiliki bahasa pemrogramannya sendiri dan berbeda dengan aplikasi untuk dekstop/mobile (pada umumnya menggunakan bahasa java, C, python, ruby, cobol, basic dll) dimana akan saya jelaskan lebih lanjut setelah ini.

Berbeda dengan pemrograman aplikasi, dimana membutuhkan compiler agar program tersebut dapat dijalankan sementara pemrograman web hanya cukup browser saja, sebab browser dapat membuka/melihat/menterjemahkannya.

Bahasa pemrograman yang biasa digunakan dalam pembuatan website diantaranya adalah :
  • HTML
HTML merupakan kepanjangan dari HyperText Markup Language. Sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser internet. Saat ini HTML telah menjadi standar internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunakan oleh W3C (World Wide Web Consortium). HTML berupa kode-kode tag yang menginstruksikan browser agar menghasilkan tampilan sesuai dengan yang diinginkan. File yang berformat HTML dapat dibuka dengan menggunakan browser web contohnya Mozilla Firefox, Internet Explorer, Google Chrome, dll.
  • PHP
PHP merupakan kepanjangan dari Personal Home Page. Sebuah bahasa pemrograman script yang paling banyak dipakai saat ini. PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada waktu itu PHP masih bernama FI (Form Interpreted) dimana wujudnya berupa sekumpulan script yang digunakan untuk mengolah data form dari web. PHP banyak dipakai untuk membuat situs web yang dinamis, walaupun  kemungkinan untuk tujuan pemakaian lain ada. PHP biasanya berjalan pada sistem operasi linux (PHP juga bisa dijalankan dengan hosting windows).
  • ASP
ASP merupakan kepanjangan dari Active Server Pages. Sebuah bahasa pemrograman web untuk menciptakan halaman web yang dinamis. ASP merupakan salah satu produk teknologi yang disediakan oleh Microsoft. ASP bekerja pada web server dan merupakan server side sricpting. Bahasa ASP murni OOP (Object Oriented Programming) memiliki struktur bahasa yang sama dengan bahasa Visual Basic oleh karena itu mudah dipelajari oleh pemula.
  • XML
XML merupakan kepanjangan dari eXtensible Markup Language. Sebuah bahasa markup serbaguna yang direkomendasikan oleh W3C untuk mendeskripsikan berbagai macam data. XML menggunakan markup tag seperti pada HTML hanya saja dalam penggunaannya tidak terbatas pada tampilan halaman web saja. XML juga menjadi metode dalam membuat penanda/markup pada suatu dokumen. XML didesain untuk mampu menyimpan data secara ringkas dan mudah diatur.
  • WML
WML merupakan kepanjangan dari Wireless Markup Language. Sebuah bahasa pemrograman yang digunakan dalam aplikasi berbasis XML dan aplikasi wireless dengan mengimplementasikan WAP. WML sendiri merupakan analogi dari HTML yang berjalan pada protokol nirkabel.
  • Perl
Perl merupakan bahasa pemrograman yang digunakan untuk mesin dengan sistem operasi unix (Linux, SunOS, BSD, HP-UX) namun juga tersedia untuk sistem operasi seperti DOS, Windows, BeOS, VMS, EBCDIC dan PocketPC. Bahasa pemrograman Perl ini mirip dengan bahasa pemrograman C. Dikembangkan pertama kali oleh Larry Wall di mesin unix. Mengenai kepanjangan dari Perl itu sendiri tidak terlalu pasti sebab ada kepanjangan yang bermaksud serius ada pula yang bercanda bahkan ada yang sifatnya merendahkan atau melecehkan.
  • CFM
CFM merupakan bahasa yang dibuat menggunakan tag ColdFusion dengan software Adobe ColdFusion/BlueDragon/Coldfusion Studio. Syntax coldfusion ini berbasis HTML.
  • Javascript
Javascript merupakan sebuah bahasa pemrograman script yang handal yang berjalan pada sisi client. Javascript ini dikembangkan oleh Netscape dan untuk menjalankannya kita membutuhkan JavaScript-enabled browser yaitu browser yang mampu menjalankan JavaScript itu sendiri.
  • CSS
CSS merupakan kepanjangan dari Cascading Style Sheets. Sebuah bahasa style sheet yang digunakan untuk mengatur tampilan  suatu dokumen yang ditulis dalam bahasa markup. Penggunaan CSS yang paling umum adalah untuk memformat halamam web yang ditulis dengan menggunakan HTML dan XHTML. Walaupun demikian, bahasanya sendiri dapat dipergunakan untuk semua jenis dokumen XML termasuk SVG dan XUL. Spesifikasi CSS diatur oleh W3C.

Itulah bahasa pemrograman web yang biasa digunakan dalam proses pembuatan sebuah website yang selama ini kita lihat dan akses hingga detik ini. Demikianlah penjelasan mengenai pemrograman web pada postingan kali ini. Semoga yang telah saya sampaikan ini dapat bermanfaat bagi seluruh pembaca dimanapun anda berada. Akhir kata, saya mohon maaf kalau ada kata-kata yang kurang pas atau kurang berkenan di hati pembaca.
Wassalamualaikum.Wr.Wb.

Sumber : Berbagai sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
copyright 2020 by Ryshand.blogspot.com. Diberdayakan oleh Blogger.