HerE yOU Not OnLY gET hAVinG fuN BuT aLSo GEt KnoWLedGE
PERHATIAN
SELURUH CONTENT DI BLOG INI DAPAT MENYEBABKAN KETAGIHAN, SERANGAN KEBAHAGIAN, BERSENANG-SENANG DAN GANGGUAN TANGAN UNTUK MENG-KLIK DAN MENG-KLIK

Sabtu, 11 September 2010

EveRytHiNG aBoUT BLacK

Black... apa yang yang kalian pikir setelah mendengarkan kata tersebut. Emo-kah?? Gothic?? atau... yah semuanya tergantung kalian. Tapi "hitam" kali ini beberapanya bermanfaat loh... tapi ada juga yang kuat atau serem. Pokoknya gw bakal bahas apapun soal "black".
Nah ni dia nih kita mulai.... let's go!!!!!





BERAS HITAM
Beras hitam hanya dapat ditemui di wilayah Asia. Beras ini tidak mengalami proses penggilingan berkali-kali seperti pada beras putih. Pada masa lampau, yang mengkonsumsi beras hitam hanyalah kalangan istana saja. Hal ini disebabkan tersebar tahayaul kalau rakyat jelata jika berani mengkonsumsi beras tersebut akan terkena kutukan atau sial ( mau-maunya aja dikibulin hehehehe... ). Dan yang mampu menangkal kutukan tersebut hanya pihak kerajaan (jahat juga ye...  ngibulin rakyatnya ). Menurut hasil penelitian dari Zhimin Xu dari Departemen Ilmu Makanan di Louisiana State Agricultural University Center, kalau sesendok beras hitam itu mengandung antioksidan melebihi blackberry dan blueberry. Dulu kita tau kalau tuh buah punya antioksidan tinggi. Selain itu beras hitam juga mengandung kadar vitamin, mikroelemen dan asam amino yang melebihi dari semua jenis beras. Warnanya yang hitam menandakan beras ini berpigmen tinggi. Pigmen tersebut mengandung aleuron dan endospermia yang dapat menghasilkan antosianin yang bermanfaat sebagai zat antikarsinogenik (anti kanker), meningkatkan kadar trombosit dan juga kaya akan zat flavonoid yang dapat mencegah pengerasan pembuluh nadi. Kadar zat flavonoidnya melebihi lima kali dari beras biasa.
Berikut manfaat lainnya:
  • Meningkatkan ketahanan tubuh
  • Memperbaiki kerusakan sel hati dalam kasus penyakit hepatitis dan sirosis (pengerasan hati)
  • Mencegah kanker dan tumor
  • Antiaging alami
  • Membersihkan kolesterol dalam darah
  • Mencegah anemia
  • Mencegah demam berdarah
MUI HITAM ( sejenis buah prem hitam )
Mui hitam itu baunya harum, rasanya asem manis gimana.. (cobain sendiri aja dah hehehe). Mui hitam kering dapat diperoleh dari toko-toko obat tradisional Tiongkok. Biasanya dikonsumsi dalam bentuk rebusan. Caranya seperti berikut:
  • Rebus air dan mui dengan api kecil selama kira-kira 40 menit.
  • Tambahkan kui hua (osmanthus fragrans/zaitun teh/zaitun manis)
  • Sajikan
Didalam sirup kui hua mui mengandung vitamin B, C, E, asam hydroxy, asam sitrus, zat besi(Fe), fosfor(P) dan zat-zat lain yang berguna.
Efeknya setelah diminum adalah menambah cairan dalam tubuh, menghilangkan panas dalam, serta memelihara energi dalam tubuh. Selain itu mui hitam juga termasuk makanan unutk perawatan rambut yang terbaik dan banyak digemari oleh gadis-gadis masa kini.


MURBEI HITAM
Bisa dikonsumsi dalam bentuk puding, kue tart, sebagai campuran salad dan lain sebagainya.
Rasanya asam dan banyak mengandung sari-sari dalam bentuk cairan. Jika sering mengkonsumsi dapat membuat mata bersinar (kalo mau lebih bersinar pake lampu neon hehehe), rambut menjadi lebih tebal. Hanya saja sifatnya agak dingin, jika gadis dalam menstruasi jangan terlalu banyak makan buah ini sebab dapat menambah efek dingin yang berujung sakit perut.
Orang kuno yang pernah makan bakal bilang " makan buah murbei hitam bakal bikin sehat, gemuk, rambut jadi halus dan hitam serta mengokohkan sari pati kehidupan dan energi".

KETAN HITAM
Hayo siapa yang gak tau ketan hitam???. Ketan hitam ini sering dikonsumsi dengan cara mencampur dalam bubur kacang hijau. Tapi dibalik nikmatnya ketan hitam ini, tersembunyi manfaat yang lumayan hebat loh. Ketan hitam ini dapat menyuburkan rambut, membuat otot tubuh menjadi padat serta menguatkan hati/liver. Gimana... hebat kan?!.


MACAN KUMBANG HITAM
Siapa yang gak tau macan kumbang hitam???. Mungkin kalo gw bilang "puma"... baru tau dah... hehehe. Biar title "raja hutan" disematkan pada singa, tapi puma jauh lebih menakutkan loh. Puma merupakan mesin pembunuh segala medan, di tanah begitu cepat tak jauh berbeda jika mangsanya naik ke pohon. Puma juga lihai berburu diatas pohon, soalnya terkadang dia juga menunggu mangsanya dari atas pohon dan jika sudah sesuai dengan jarak jangkauan baru deh diterkam.
Selain itu karena terkesan kuat bahkan dibuat menjadi merek alat olahraga berkelas dunia. Mutunya pun gak diragukan lagi (sepatu gw yang lama aja mereknya puma sampe sekarang masih awet biar udah gak muat hehehe).

AYAM CEMANI
Ayam khas Indonesia ini dari dulu dianggap ayam mistik. Soalnya sering dijadikan sebagai tumbal dalam sesajen ritual-ritual tertentu. Sebab dipercaya makhluk gaib pada doyan sama ini ayam (gw jg suka ayam.. ayam goreng, ayam bakar, ayam panggang dan ayam-ayam  lainnya hehehe). Selain itu ayam ini katanya enak banget loh.. melebihi enaknya ayam kampung!!! (gw gak tau bener apa gak soalnya gw juga belum makan). Ayam ini punya ciri khas loh. Selain sekujur badannya yang hitam legam, darahnya juga hitam loh tapi tidak hanya itu, tulang dan dagingnya juga hitam. Nah lo... aneh kan?! hehehe.


WIJEN HITAM
Bisa dikombinasikan dengan berbagai makanan ringan dan lauk, yang diolah menjadi berbagai makanan lezat. Juga bisa dikonsumsi dengan cara ditumis dengan sedikit minyak sampai matang, lalu digiling halus dan diberi garam kemudian dicampur dengan bubur. Lebih enak jika dimakan saat pagi hari.
Kandungan wijen hitam diantaranya aneka macam gula, lesitin, unsur wijen, sesamol, kalsium, magnesium, protein dan berbagai bahan yang berguna bagi tubuh. Manfaatnya adalah memperkuat energi, pertumbuhan otot, dan kulit menjadi lembut itu semua terdapat didalam buku tiongkok kuno (shen nong ben chao jing).

JAMUR KUPING HITAM
Bagi penggemar masakan jamur, ini tak boleh kalian lewatkan loh. Biasa disjikan sebagai kuah jamur kuping, kuah bidara cina, merah jamur kuping, sapo bebek jamur kuping, kuah asam manis jamur kiping dan lain-lain.
Jamur kuping hitam ini bisa mengurangi dahak, menambah energi, menambah kecerdasan, menghilangkan kekeringan, menguatkan tubuh, menyuburkan rambut, melancarkan darah, merawat lambung, dan antitoksin yang bagus loh.


KEDELAI HITAM
Biasa dipakai sebagai bahan utama pembuatan kecap. Selain itu dapat dijadikan cemilan dengan cara dimasak lalu ditambah garam, masak hingga matang.
Menurut ilmu kedokteran modern kedelai hitam kaya akan hormon dan nutrisi. Hal ini dapat membuat otot dan kulit menjadi lebih elastis, mengurangi terjadinya pigmentasi. Jika mengkonsumsi dalam waktu lama dapat memperbaiki kualitas rambut, membuat rambut lebih hitam dan subur, dan membuat kulit menjadi putih mulus (nah ni dia yang disukai banyak wanita).
Orang jaman dulu menganggap kalau kedelai hitam itu tempurung ginjal, bentuk dan warnanya seperti ginjal, mempunyai fungsi tinggi untuk memperkuat dan memelihara ginjal.



CINCAU HITAM
Cincau hitam berasal dari tanaman  Mesona palutris. Cincau ini biasanya dikonsumsi dengan cara dicampur es buah atau es-es lain yang menyegarkan dan menghilangkan dahaga. Cincau sangat baik untuk dikonsumsi semua kalangan. Bahan ini sangat banyak mengandung mineral terutama kalsium dan fosfor. Selain itu juga sangat baik dikonsumsi bagi yang sedang menjalani diet sebab cincau rendah kalori namun tinggi serat. Cincau juga dipercaya juga mampu meredakan panas dalam, sembelit, perut kembung, demam, dan diare. Tidak hanya itu, seratnya juga berfungsi untuk membersihkan organ pencernaan dari zat-zat karsinogen.
Daun cincau hijau ( tidak enak juga kalo ini gak disampaikan soalnya bermanfaat juga loh) mengandung senyawa dimetil kurin-1 dimetolidida (hayo yang anak ipa bisa gak bikin bentuk rantainya). Zat ini bermanfaat mengendurkan otot-otot yang berkontraksi (bikin rileks). Senyawa lain seperti isokandrodendrin yang dipercaya mampu mencegah sel tumor. Tidak hanya itu loh ada juga alkaloid bisbenzilsokuinolin dan S,S-tetadrin yang berkhasiat mencegah kanker pada ginjal, antiradang dan menurunkan tekanan darah tin

BLACK STYLE (Emo, Ghotic, dll)


Style yang ini keren banget tau. Baik berbagai aliran yah gothic, Emo yang banyak hitamnya dan lain-lain. Itu semua terlihat keren banget. Dari sudut pandang tata rias dan busana, Pengguna terlihat lebih kurus, cocok untuk semua kalangan baik yang berkulit cerah maupun yang berkulit sedikit gelap (gak enak kalo gw bilang hitam hehehe...). Namun seperti yang kita tau kalo warna gelap itu menyerap panas jadi jangan pakai kalau cuacanya panas. Nanti bukannya keren malah keringatan deh terus lepek duh jadi gak enak banget kan. Selain itu Pengguna black style biasanya pemeran antagonis dalam suatu cerita baik di animasi maupun movie. Apalagi vampire klasik yang serba hitam dan juga para pesulap. Mereka semua kerap menggunakan kostum serba hitam untuk menambah efek horror di setiap aksinya. Oh ya sampai lupa, biasanya musisi yang bergenre rock juga tidak bisa dilepaskan dari aksen hitam disetiap aksi panggungnya.
Ada juga loh yang bikin sedih, biasanya jika ada kerabat yang meninggal pasti semuanya mengenakan pakaian serba hitam saat mengikuti prosesi pemakaman yang menandakan turut berduka. Tidak hanya itu loh, jika seseorang ingin mendatangi makam kerabat terkadang mereka semua mengenakan pakaian serba hitam. Gw sendiri juga gak tau siapa yang memulai memakai pakaian serba hitam kalau urusan seperti ini.
Tidak hanya itu juga loh, kata "black" sendiri jadi nama merk rokok. Yah pokoknya hitam atau black dengan serba-serbinya itu semua punya efek, manfaat, dan fungsi tersendiri tergantung keaadaan.

Yup.. dah itu aja yang bisa gw sampaikan... mudah-mudahan bermanfaat buat semuanya. Amieennn (ngarep banget hehehe....).

Sumber: Berbagai sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
copyright 2020 by Ryshand.blogspot.com. Diberdayakan oleh Blogger.