HerE yOU Not OnLY gET hAVinG fuN BuT aLSo GEt KnoWLedGE
PERHATIAN
SELURUH CONTENT DI BLOG INI DAPAT MENYEBABKAN KETAGIHAN, SERANGAN KEBAHAGIAN, BERSENANG-SENANG DAN GANGGUAN TANGAN UNTUK MENG-KLIK DAN MENG-KLIK

Minggu, 06 Februari 2011

LES KILAT SOAL GAME TCG (TRADING CARD GAME) YUGIOH CHAPTER 2

Pada postingan sebelumnya saya telah membahas dasar-dasar dari TCG YuGiOh. (dasar-dasar keterlaluan masa cuma field-nya saja yang di jelasin wkwkwkwkwkwkwk.. anak bocah juga tahu hahahaha). Sesuai janji saya yang dulu... maka saya melanjutkan pembahasan tersebut. Jika kalian baru membuka pada postingan ini lebih baik klik disini untuk tahu pembahasan sebelumnya.

Bagi yang sudah membaca silahkan melanjutkan jika tidak.... ya nggak apa-apa sih hehe.. ^_^

Oke deh dari pada pembahasan kita jadi melenceng nggak karuan seperti sebelumnya... mari kita lanjut... hehehe

Here we go


Sekarang saya akan membahas gameplay beserta phase-nya. Ok deh kita langsung ke inti pembahasannya saja.

Gameplay di Game TCG dimulai dengan berjabat tangan dengan sopan (jangan kencang ya.. apalagi sampai tangan lawan di cengkram hehehe...). Kemudian kocok Main deck mu lalu menyerahkan kepada lawan untuk dikocok (istilah kerennya Cutting deck) setelah itu dikembalikan lagi dan taruh secara face-down di zone untuk Main deck.

Jika menggunakan Fusion Monster card, maka taruh di zone untuk Fusion deck. Untuk jumlahnya tidak terpengaruh oleh batas minimal 40 kartu seperti Main deck. Dan jika menggunakan Side deck perlihatkan kepada lawan kalau jumlahnya tepat 15 lembar tanpa harus melihat kartunya. Saat menggunakan Side deck tunjukkan kalau jumlah kartu yang diambil dari Main deck tepat sama dengan jumlah kartu yang diambil dari Side deck (jangan bohong ya.. nanti dipukul mama loh hehehe).

Untuk menentukan siapa yang memulai duluan bisa secara suit (suit... ekh.. ini bukan siul..!!), bisa juga dengan uang logam tapi jangan sekali-kali menggunakan uang kertas (lah.. kok ??? yaeyalah... nanti kalau dilempar yang ada malah terbang melayang terus di comot orang deh hehehe). Bagi yang menang undian bisa menentukan mau first atau second.

Ok deh setelah itu tarik 5 kartu teratas dari Main deck, bagi yang first tarik satu lagi karena kamu sudah masuk phase pertama yaitu draw phase.

Nah sekarang saya akan mulai membahas phase di game TCG ini. Sebagai gampangnya kalian bisa lihat dan perhatikan flowchart phase di bawah ini.


Bagaimana..??? Paham tidak ??? kalau nggak paham baiklah saya yang rendah hati ini akan menjelaskannya hehehe....

Draw PhaseInilah phase favorit saya sebab di phase ini kalian bisa menarik satu kartu dari Main deck. Tapi berhati-hati juga dengan phase ini sebab jika di phase ini kalian tidak bisa menarik kartu lagi atau kehabisan kartu pada Main deck, maka kalian langsung dinyatakan loser walau LP kalian lebih tinggi dari lawan atau masih utuh.

Standby Phase
Pada phase ini terkadang ada kartu yang meminta diaktifkan efeknya sebelum memasuki phase selanjutnya, oleh karena itu bacalah penjelasan kartu yang bersangkutan dengan baik dan teliti. Namun jika tidak ada maka lanjutkan ke phase selanjutnya.

Main Phase I/II
Untuk yang I atau mungkin yang II sangat penting (sesuai dengan namanya hehehe..) karena hampir keseluruhan dari kunci kemenagan terdapat pada phase ini. Di phase yang ke I kamu dapat melakukan beberapa hal diantaranya :
  • Melakukan Normal Summon atau Set Hanya satu Monster card kecuali dengan efek tertentu misalnya dengan Monster Reborn.
  • Mengaktifkan efek /me-set Spell card dan atau Trap card.
  • Mengganti posisi Monster card, namun Tidak bisa mengganti untuk kedua kalinya pada turn yang sama. Jika sebelumnya kamu telah me-summon monster maka tidak bisa di posisikan bertahan/Horizontal atau juga sebaliknya, jika kamu telah me-set monster maka tidak bisa melakukan flip.
Yang harus di ingat adalah jumlah field hanya lima kartu (seperti pada pembahasan sebelumnya) jadi jika sudah penuh maka tidak bisa set/summon/active kartu apapun. Setelah selesai maka bisa langung memasuki phase selanjutnya atau longkap phase dan bisa juga mengakhiri turn. Untuk first pada awal turn tidak bisa melakukan battle phase.

Sedangkan di phase yang ke II hampir tidak ada bedanya yang berbeda, kamu dapat melakukan sesuatu yang belum kamu lakukan pada yang ke I.

Battle Phase
Phase inilah inti dari game TCG ini sebab kalian bisa benar-benar berduel dan adu kuat kartu serta deck yang kalian miliki. Di phase ini terdiri step alias subphase seperti berikut :

Start Step Setelah menyatakan telah memasuki battle phase maka secara otomatis memasuji step ini . Kedua player boleh mengaktifkan dan menggunakan efek dari Quick-Play Spell/Trap Card.
Battle Step Pilih dan nyatakan monster tersebut akan menyerang, serta pilih monster target (yang ingin diserang) jika tidak ada monster di field maka bisa langsung menyerang player. Pada step ini kedua player juga boleh mengaktifkan dan menggunakan Quick-Play Spell/Trap Card.
Damage Step Hitung damage dari sasaran. Jika monster tersebut memiliki Flip Effect maka efeknya aktif setelah perhitungan damage. Walau begitu, Flip Effect tidak mempengaruhi monster yang sudah di-Destroy sebagai akibat hasil perhitungan damage.
End Step Selesaikan semua pertarungan dengan mengulangi Battle Step dan Damage Step tersebut di atas, kemudian nyatakan untuk mengakhiri Battle Phase. Pada kedua player boleh mengaktifkan dan menggunakan Quick-Play Spell/Trap Card.


Dan ini flowchart dari step tersebut.


Untuk penjelasan lebih detail dari step pada battle phase ini saya akan menjelaskan lebih lanjut pada edisi selanjutnya.

End Phase
Ini adalah akhir dari turn milikmu sekarang giliran turn dari lawanmu. Jika kartu di tanganmu melebihi dari 6 lembar maka buang beberapa kartu ke graveyard hingga jumlahnya 6 lembar.

Ulangi seluruh phase diatas hingga ada yang dinyatakan winner.

Demikianlah penjelasan dalam pertemuan kali ini hehe... jangan lupa mampir lagi di pertemuan selanjutnya...
Bye..!!!

To be continued

Sumber : Berbagai sumber 

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
copyright 2020 by Ryshand.blogspot.com. Diberdayakan oleh Blogger.