Assalamualaikum Wr.Wb.
Seiring dengan perkembangan teknologi inforrmasi dan komunikasi saat ini, membuat berbagai sektor dan sendi kehidupan manusia berubah. Perlahan berbagai tindakan dan kegiatan manusia yang awalnya bersifat konvensional beralih menjadi elektonik. Hal ini terjadi juga dalam bidang perdagangan, yang lebih dikenal e-commerce. Dalam postingan kali ini saya akan membahas lebih dalam mengenai e-commerce ini.
E-commerce atau perdagangan elektronik merupakan penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan atau jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi. Di dalam e-commerce dapat melibatkan transfer data eletronil, pertukaran data eletronik, sistem manajemen inventori otomatis dan sistem pengumpulan data otomatis.
Dalam hal ini media eletronik yang dimaksud adalah internet. Hal ini dipilih karena banyak kemudahan yang bisa didapatkan melalui internet. Seperti yang kita ketahui bahwa internet merupakan jaringan publik, karena siapapun, kapanpun, dan dimanapun dapat mengaksesnya selama memiliki koneksi ke internet tentunya. Apalagi didukung perkembangan saat ini.
E-commerce sendiri diperkenalkan pertama kali pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-eletronik dipakai dengan tujuan mempromosikan dan mengiklankan pada suatu website. E-commerce sendiri memiliki beberapa karakteristik yang membedakan perdangan secara konvensional, diantaranya adalah
- Transaksi tanpa batas
- Transaksi yang bersifat anonim
- Produk yang dipasarkan berupa digital dan non digital
Dalam banyak kasus, sebuah perusahaan e-commerce bisa bertahan tidak hanya mengandalkan dari kekuatan produknya saja akan tetapi dengan adanya tim manajemen yang handal, pengiriman yang tepat waktu, pelayanan yang bagus, struktur organisasi bisnis yang baik, jaringan infrastruktur dan keamanan, desain situs web yang bagus namun bukan itu saja yang menjadi faktor kunci sukses dalam e-commerce diantara lain adalah
- Memiliki harga yang kompetitif
- Memiliki jasa pembelian yang tanggap, cepat dan ramah
- Menyediakan informasi mengenai barang dan atau jasanya secara lengkap dan jelas
- Mengadakan banyak bonus misalnya diskon untuk pembelian dengan jumlah tertentu, kupon berhadiah dan lain lain
- Memberikan perhatian khusus atas usulan pembelian.
- Memiliki rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan dan lain sebagainya
- Mempermudah dalam kegiatan berdagang
Business to Business (B2B) adalah sistem komunikasi bisnis on-line antar pelaku bisnis
Dalam Business to Business pada umumnya transaksi dilakukan oleh para trading partners yang sudah saling kenal dengan format data yang telah disepakati bersama
- Bussiness to Consumer(B2C)
Business to Consumer (B2C) merupakan mekanisme toko on-line (electronic shopping mall), yaitu transaksi antara e-merchant dengan e-customer
Pada umumnya Business to Customer sifatnya terbuka untuk publik, sehingga setiap individu dapat mengaksesnya melalui suatu web server.
Dalam proses e-commerce ada beberapa aplikasi bisnis yang terlibat dan mendukung jalannya e-commerce tersebut. Beberapa diantaranya meliputi e-mail, on-line shopping, jejaring sosial, on-line banking dan sebagainya.
Walaupun e-commerce menawarkan bebagai macam kemudahan dalam prosesnya namun ada juga beberapa masalah atau kendala dalam e-commerce tersebut diantaranya adalah penipuan dengan cara pencurian identitas dan membohongi pelanggan dan hukum yang kurang berkembang dalam bidang ini.
Demikianlah penjelasan mengenai e-commerce ini, semoga semua yang telah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi kita semua. Akhir kata, saya mohon maaf jika ada salah kata dalam postingan ini.
Wassalamualaikum Wr.Wb.
Sumber : Berbagai sumber
1 komentar:
based on the e-commerce article, the research could be a reference link below
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/978/1/11106683.pdf
thank you
Posting Komentar