HerE yOU Not OnLY gET hAVinG fuN BuT aLSo GEt KnoWLedGE
PERHATIAN
SELURUH CONTENT DI BLOG INI DAPAT MENYEBABKAN KETAGIHAN, SERANGAN KEBAHAGIAN, BERSENANG-SENANG DAN GANGGUAN TANGAN UNTUK MENG-KLIK DAN MENG-KLIK

Senin, 25 Oktober 2010

E-LEARNING, BELAJAR DIMANAPUN DAN KAPANPUN

Assalamualaikum.Wr.Wb.

Dalam postingan kali ini, saya akan mereview mengenai salah satu layanan dari site Universitas Gunadarma. Yang akan saya bahas adalah e-Learning, nah sebelum mengenal lebih jauh apa itu e-Lerning dan manfaatnya ada baiknya kalau kita tahu apa itu maksud dan arti dari  kata e-Learning itu sendiri agar dapat memahami sedikit e-Learning.



Kata e-Learning sendiri sering kita dengar. Namun mungkin sedikit yang tahu makna dari kata e-Learning. E-Learning merupakan suatu proses pembelajaran secara jarak jauh (distance Learning) yang memanfaatkan teknologi komputer, jaringan komputer dan/atau Internet. E-Learning sendiri memungkinkan pelajar untuk belajar melalui komputer di tempat mereka masing-masing tanpa harus secara fisik pergi dan mengikuti pelajaran/perkuliahan di kelas.

E-Learning sendiri, sering sekali dipahami sebagai suatu bentuk pembelajaran yang menggunakan media web yang bisa diakses malalui intranet di jaringan lokal atau pun melalui internet. Namun pemahaman itu tidak seratus persen salah dan tidak seratus persen benar. Kenapa, karena sebenarnya materi e-Learning itu tidak harus didistribusikan secara on-line baik melalui jaringan lokal maupun internet, pendistribusian materi pembelajaran bisa juga secara off-line dengan cara menggunakan media CD/DVD pun termasuk pola e-Learning. Dalam hal ini aplikasi dan materi belajar dikembangkan sesuai kebutuhan dan didistribusikan melalui media CD/DVD, selanjutnya pelajar dapat memanfatkan dan menggunakan CD/DVD tersebut dan belajar di tempat di mana dia berada.

Pengertian dan pemahaman mengenai e-Learning sendiri ada beberapa macam dan sangat luas, berikut ini merupakan beberapa pengertian dari e-Learning :

    * Pembelajaran jarak jauh
Dalam hal ini e-Learning berarti memungkinkan bagi pelajar untuk menimba ilmu tanpa harus secara fisik menghadiri kelas. Pelajar bisa berada di Semarang, sementara “instruktur”-nya dan pelajaran yang diikuti olehnya berada di tempat lain, di kota lain bahkan di negara lain. Interaksi ini bisa dijalankan melalui secara on-line dan real-time ataupun bisa juga dijalankan secara off-line atau archieved.

Pelajar belajar dari komputer di kantor ataupun di rumah dapat juga mengikuti pembelajaran dengan memanfaatkan koneksi jaringan lokal ataupun jaringan Internet ataupun menggunakan media CD/DVD yang telah disiapkan. Biasanya materi belajar yang dipelajari tersebut dikelola oleh sebuah pusat penyedia materi di kampus/universitas, atau perusahaan penyedia content tertentu. Pelajar bisa mengatur sendiri waktu belajar, dan tempat dari mana ia dapat mengakses pelajaran yang dibutuhkannya.

    * Pembelajaran dengan perangkat komputer
Dalam hal ini e-Learning berarti disampaikan dengan cara memanfaatkan perangkat komputer. Pada umumnya perangkat komputer yang digunakan dilengkapi dengan perangkat multimedia, cd drive dan terkoneksi dengan Internet ataupun Intranet lokal. Dengan memiliki komputer yang terkoneksi dengan intranet ataupun Internet, pelajar dapat berpartisipasi dalam jalannya e-Learning. Jumlah pelajar yang bisa ikut dalam e-Learning serta berpartisipasi tidak dibatasi jumlahnya seperti sama dengan kapasitas di kelas, jadi dengan kata lain siapapun dan berapa banyak pun dapat masuk dan turut serta dalam jalannya pembelajaran tersebut. Tidak hanya itu saja, materi pelajaran dapat diketengahkan dengan kualitas yang lebih standar dibandingkan kelas konvensional yang tergantung pada kondisi dan keadaan dari pengajar itu sendiri.

    * Pembelajaran formal vs. informal
Ups.. jangan salah sangka dulu ini bukan duel.Tapi dalam hal ini e-Learning berarti bisa mencakup pembelajaran secara formal maupun informal beserta perbandingannya. E-Learning yang secara formal biasanya menggunakan pembelajaran dengan kurikulum, silabus, mata pelajaran dan tes yang telah diatur dan disusun berdasarkan jadwal yang telah disepakati pihak-pihak terkait (pengelola e-Learning dan pembelajar sendiri). Pembelajaran seperti ini biasanya tingkat interaksinya tinggi dan diwajibkan oleh perusahaan pada karyawannya, atau pembelajaran jarak jauh yang dikelola oleh universitas dan perusahaan-perusahaan (biasanya perusahan konsultan) yang memang bergerak di bidang penyediaan jasa e-Learning untuk umum. Selain itu e-Learning bisa juga dilakukan secara informal dengan interaksi yang jauh lebih sederhana dari e-Learning formal, misalnya melalui sarana mailing list, e-newsletter atau website pribadi, organisasi dan perusahaan yang ingin mensosialisasikan jasa, program, pengetahuan atau keterampilan tertentu pada masyarakat luas (pada umumnya layanan ini sifatnya gratis).

Dalam pembelajaran di e-Learning sendiri ini diberikan dan ditunjang oleh para ahli dibidangnya masing-masing.

Walaupun sepertinya e-Learning diberikan hanya melalui perangkat komputer. E-Learning sendiri ternyata disiapkan, ditunjang, dan dikelola oleh tim yang terdiri dari para ahli di bidangnya masing-masing, yaitu:

   1. Subject Matter Expert (SME) atau nara sumber dari pelatihan yang disampaikan
   2. Instructional Designer (ID), bertugas untuk secara sistematis mendesain materi dari SME menjadi materi e-Learning dengan memasukkan unsur metode pengajaran agar materi menjadi lebih interaktif, lebih mudah dan lebih menarik untuk dipelajari
   3. Graphic Designer (GD), mengubah materi text menjadi bentuk grafis dengan gambar, warna, dan layout yang enak dipandang, efektif dan menarik untuk dipelajari
   4. Ahli bidang Learning Management System (LMS). Mengelola sistem di website yang mengatur lalu lintas interaksi antara instruktur dengan siswa, antarsiswa dengan siswa lainnya.

Di sini, pembelajar bisa melihat modul-modul yang ditawarkan oleh penyedia layanan, bisa mengambil tugas-tugas dan test-test yang harus dikerjakan, serta melihat jadwal diskusi secara maya dengan instruktur, nara sumber lain, dan pembelajar lain. Melalui LMS ini, siswa juga bisa melihat nilai tugas dan test serta peringkatnya berdasarkan nilai (tugas atau pun test) yang telah diperoleh.

E-Learning sendiri tidak diberikan semata-mata oleh mesin, tetapi seperti juga pembelajaran secara konvensional di kelas, e-Learning ditunjang oleh para ahli di berbagai bidang terkait.
 Struktur Organisasi E-Learning Center (ELC)

Pelaksanaan kegiatan pembelajaran secara e-Learning di Universitas Gunadarma sendiri didukung oleh 9 unit kerja, di samping perangkat program studi, yang secara struktural bertanggung jawab langsung kepada Rektor. Setiap unit kerja dilengkapi dengan beberapa unit kerja yang lebih operasional. Sebagian unit kerja berafiliasi dengan satu fakultas sedangkan yang lainnya melayani kegiatan Universitas Gunadarma secara keseluruhan.
Gambar di bawah ini menunjukkan struktur organisasi Universitas Gunadarma.

Pada gambar tersebut ditunjukkan kelengkapan salah satu unit kerja, yaitu BAPSI (Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi), dengan keenam sub-unit kerjanya yang di antaranya adalah Pusat Pembelajaran Eletronis (ELC, e-Learning Center).


Tugas penting unit ini adalah melakukan koordinasi antar bagian dalam proses dan layanan sistem pembelajaran secara elektronik maupun pembelajaran berbasis web bagi dosen dan mahasiswa. Keberadaan sistem pembelajaran secara online yang sudah berjalan selama ini bukan bermaksud untuk menggantikan sistem secara tatap muka di kelas, namun untuk lebih memperkaya material yang mudah tersedia sehingga memudahkan mahasiswa dalam pemahaman materi ajar. Unit E-learning Center bertempat di Gedung 2 Lt 3 Kampus D Depok dengan 3 orang staff, yaitu Aviarini Indrati, SKom., MMSI (Kepala Unit Kerja), dan 2 orang staff yaitu Tri Sulistyorini, SKom., MMSI dan Edi Minaji Pribadi, SP., MSc.

     * Kelebihan dan kekurangan
Seperti pada umumnya, sesuatu itu memiliki kelebihan dan kekurangan begitu juga site ini. Site ini bisa dibilang banyak kelebihan dari pada kekurangannya. Kelebiahan site ini diantaranya, hampir seluruh materi ada dan tersedia dan cocok sebagai bahan referensi dan pengkajian. Kekurangan dari site ini adalah bisa membingungan bagi pengguna yang masih pemula namun tapi jika sudah terbiasa hal itu bisa diatasi dan justru site ini sangatlah bermanfaat seperti yang saya sebutkan sebelumnya.

Demikian review yang singkat dari saya ini mudah-mudahan ini semua bisa bermanfaat bagi semuanya. Akhir kata saya mau minta maaf jika ada salah ketik atau penempatan kata yang kurang pas.
Wassalamualaikum.Wr.Wb.

UG E-Learning Center (ELC)

Gedung 2 Lantai 3 Kampus D

Jl. Margonda Raya No.100, Pondok Cina, Depok

Telp. 021-78881112 Ext 232

E-mail    : elearning@gunadarma.ac.id
Link       : http://elearning.gunadarma.ac.id/
Sumber  : UG E-Learning Center

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
copyright 2020 by Ryshand.blogspot.com. Diberdayakan oleh Blogger.