HerE yOU Not OnLY gET hAVinG fuN BuT aLSo GEt KnoWLedGE
PERHATIAN
SELURUH CONTENT DI BLOG INI DAPAT MENYEBABKAN KETAGIHAN, SERANGAN KEBAHAGIAN, BERSENANG-SENANG DAN GANGGUAN TANGAN UNTUK MENG-KLIK DAN MENG-KLIK

Minggu, 24 Oktober 2010

INDIVIDU, KELUARGA, DAN MASYARAKAT


Assalamualaikum Wr.Wb.

Kali ini saya akan membahas tentang individu, keluarga dan masyarakat. Pembahasan yang akan saya sampaikan meliputi pengertian, fungsinya dan besrta dari pendapat ahli. Mari kita mulai saja pembahasannya.


Pertama yang akan saya bahas adalah individu. Kata INDIVIDU berasal dari kata latin yaitu individuum memiliki arti yang tak terbagi bisa. Bisa juga berarti satu kesatuan yang paling kecil dan terbatas. Dalam hal ini memiliki maksud yaitu sebagai manusia perseorangan. Individu sendiri memiliki makna yaitu seorang manusia yang memiliki peranan khas di dalam tatanan lingkungan sosialnya serta memiliki kepribadian dan pola tingkah laku yang spesifik. Selain itu manusia sebagai individu yang berdiri sendiri dalam beberapa hal memiliki persamaan dan perbedaan sehingga munculah apa yang disebut diferensiasi. Hal ini disebabkan oleh pembawaan (watak, sifat serta karakter) tertentu serta pengaruhnya terhadap lingkungan dimana individu itu berada. Dalam kehidupan si individu tersebut mengalami apa yang disebut proses aktualisasi diri atau individualisasi. Proses aktualisasi diri atau individualisasi ini merupasan suatu proses dimana seorang individu mengalami peningkatan dalam ciri-ciri individualitas hingga benar-benar sampai pada dirinya.
Pada umumnya, setiap individu dalam bertingkah laku selalu bedasarkan kepribadian yang dimilikinya dan ada 3 kemungkinan yang akan atau telah terjadi dalam individu bertingkah laku, yang pertama yaitu menyimpang dari norma-norma yang berlaku pada masyarakat umum,  yang kedua yaitu kehilangan sifat individualitas dan takluk kepada kolektif dan yang ketiga adalah mempengaruhi masyarakat sebagai contoh adalah pahlawan, pengacau, provokator dan masih banyak lagi.

Setiap individu pasti akan mengalami pertumbuhan. Secara umum pertumbuhan merupakan suatu perubahan yang menuju ke arah yang lebih maju dan lebih dewasa. Pertumbuhan tersebut dapat di tinjau dari tiga aliran yaitu:

A.Aliran Sosial
Pertumbuhan yang terjadi terhadap seseorang  secara bertahap karena pengaruh dari pengalamannya atau empiri (kenyataan) luar yang didapat dari panca indera yang berakibat menimbulkan sensation (perasaan) maupun pengalaman mengenai keadaan internal/batinnya sendiri dan menibulkan reflection.
B.Psikologi Gestalt
Pertumbuhan adalah proses perubahan secara perlahan pada manusia dalam mengenal sesuatu secara keseluruhan, lalu kemudian mulai mengenal bagian-bagian dari lingkuangan yang ada.
C.Aliran Sosiologi
Pertumbuhan adalah proses sosialisasi maksudnya proses perubahan dari sifat yang pada awalnya asosial maupun sosial kemudian tahap demi tahap menjadi disosialisasikan.

Seperti pada umumnya, suatu hal pasti memiliki faktor begitu juga pertumbuhan individu. Dalm pertumbuhan individu terdapat beberapa faktor yang mempengaruhinya diantaranya:
  • pendirian nativistik
  • pendirian empiristik&enviromentalistik
  • Konvergensi&interaksionisme
Tahapan yang dialami setiap individu dalam pertumbuhannya pada umumnya ada lima diantaranya,  masa vital (0-2th), masa estetik (2-7th), masa intelektual (7-14th), masa remaja (14-20th), masa dewasa.

Setelah cukup banyak ulasan mengenai individu, sekarang kita akan membahas kumpulan terkecil dari individu yaitu keluarga. Keluarga inilah satuan terkecil dari elemen dalam masyarakat. Selain itu juga keluaga dunia awal tiap individu untuk menginjakkan kakinya ke dunia masyarakat luas oleh karena itu alangkah baiknya jika kita semua membuat lingkunag keluarga yang kondusif serta nyaman bagi semua individu yang terikat di dalam keluarga tersebut.
Keluarga juga memiliki fungsi yang sangat vital diantaranya adalah

A.Fungsi Biologis
Keluarga dapat menyelenggarakan persiapan serta bekal pendidikan kepada anak-anaknya berupa:
  • pengetahuan kehidupan sex suami istri
  • pengetahuan mengatur rumah tangga bagi istri
  • tugas dan kewajiban bagi suami
  • memelihara pendidikan bagi anak
B.Fungsi Pemeliharaan
Keluarga sebagai tempat yang memberikan perlindungan seperti:
  • menyediakan rumah sebagai tempat berlindung
  • memelihara kesehatan
  • memberikan pengamanan dari bahaya
C.Fungsi Ekonomi
Keluarga memberikan kebutuhan pokok seperti:
  • Kebutuhan akan makan dan minum
  • Kebutuhan akan pakaian
  • Kebutuhan tempat tinggal serta kebutuhan penunjang lainnya
D.Fungsi Keagamaan
Keluarga wajib untuk menjalani dan mengamalkan ajaran-ajaran sebagai makhluk yang bertakwa kepada tuhan YME.
E.Fungsi Sosial
Keluarga berperan untuk memperkenalkan nilai-nilai dan sikap-sikap yang dianut oleh masyarakat pada umumnya seperti sopan santun dalam berbahasa dan bersikap serta ukuran baik dan buruknya suatu sikap.

Dan inilah penjelasan terakhir, sekarang saya akan langsung saja membahas mengenai masyarakat.
Pemgertian mengenai masyarakat ada cukup banyak, yang akan saya sampaikan dari beberapa ahli mengenai pengertian masyarakat hanya tiga.

A. menurut Drs.JBAF Mayor Polak
Masyarakat adalah wadah segenap antar hubungan sosial terdiri atas banyak sekali kolektivitas serta kelompok dan tiap-tiap kelompok terdiri atas sub kelompok.
B. menurut Prof.M.M.Djoyodiguno
Masyarakat adalah suatu kebulatan dari segala perkembangan dalam hidup bersama antara manusia dengan manusia
C. menurut Hasan Sadily
Masyarakat adalah suatu keadaan badan atau kumpulan manusia yang hidup bersama

Secara garis besar mengenai pengertian masyarakat bedasarkan pendapat para ahli yang tadi, masyarakat adalah suatu kelompok manusia yang telah memiliki tatanan kehidupan, norma, adat istiadat yang sama-sama ditaati di dalam lingkungannnya. Tatanan kehidupan sosial, dan norma-norma yang mereka miliki menjadi dasar di kehidupan sosial dalam lingkungan mereka, sehingga dapat membentuk kelompok masyarakat yang memiliki ciri-ciri kehidupan yang khas. Hal tersebut terjadi karena tiap-tiap kelompok masyarakat memiliki tatanan dan norma yang berbeda namun pada umumnya asas dan dasarnya sama saja.

Demikianlah artikel yang bisa saya sampaikan mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi semuanya. Saya mohon maaf atas salah ketik atau kurang pasnya penempatan suatu kata, akhir kata saya mengucapkan terima kasih telah mau membaca artikel ini.

Wassalamualaikum.Wr.Wb.

Sumber : berbagai sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
copyright 2020 by Ryshand.blogspot.com. Diberdayakan oleh Blogger.