HerE yOU Not OnLY gET hAVinG fuN BuT aLSo GEt KnoWLedGE
PERHATIAN
SELURUH CONTENT DI BLOG INI DAPAT MENYEBABKAN KETAGIHAN, SERANGAN KEBAHAGIAN, BERSENANG-SENANG DAN GANGGUAN TANGAN UNTUK MENG-KLIK DAN MENG-KLIK

Sabtu, 02 Oktober 2010

YuGiOh!(遊戯王!) The Legend King of Duel

Hayo... tau semua kan yugioh?! masa gak tau.. Di Indonesia sendiri yugioh begitu booming juga loh, soalnya trading card game-nya terjual dimana-mana. Cuman.. gak sedikit juga kartu palsu tersebar siap untuk dijual. Selain itu anak-anak jarang memainkan kartunya dengan benar, selain efeknya asal-asalan karena gak ngerti bahasa inggris (kalo versi translate ke english), ato bahasa jepang yang menggunakan kanji (yg versi aslinya) terus yang lebih parah buat maen tepokan ato bantingan... wkwkwkwkwk... parah yah... coba aja ada yang pakai bahasa indonesia... pasti lebih seru.
Kali ini gw bakal bahas Yugioh plus serba-serbinya hehehe.



Pertama-tama kita berkenalan dengan pengarangnya ya...
KAZUKI TAKAHASHI

Nih dia pengarang Yugioh.. Kazuki Takahashi... Dia lagi kerja tuh.. meja kerjanya penuh sekali dengan alat-alat gambar impian gw..^_^ coba gw jadi muridnya hohohoho.. dengan senang hati kuterima.. (loh..loh.. kok jadi curhat n ngarep yah.. hehehe).
Beliau lahir pada tanggal 4 Oktober 1961 di Tokyo. Memulai debut menjadi komikus sekitar tahun 1982. Karya pertama yang diterbitkan adalah Tokio no Tsuma pada tahun1990, karya selanjutnya adalah Tennenshokudanji Buray yang diterbitkan sekitar tahun 1991-1992. Namun semuanya tidak terlalu sukses. Ketika dia membuat YuGiOh! pada tahun 1996, dewi fortuna berpihak padanya. Kesuksesan pun diraihnya, pada awalnya YuGiOh! memainkan semua jenis game tapi ketika dia menjelaskan duel M&W (Magic and Wizard) (Kalo gak tau... tuh kartu yg lu pada knal dg istilah trading card game YuGiOh!), surat pembaca mengalir deras untuk mendukung agar kelanjutannya dengan duel M&W dan hingga sampai sekarang.
Setelah sukses dalam dunia manga dan animenya, pihak KONAMI bekerjasama dengannya untuk membuat TCG(Trading Card Game) YuGiOh! hingga bisa kita semua mainkan dan menjadi king of duel di dunia nyata(coba ada yg pake bahasa indonesia.. pasti lebih asik hehehe..).
Beliau juga nge-fans loh dengan komikus Mike Mignola yang membuat Hellboy... Mereka juga sempat saling bertemu dan saling tukar karya(wah seru jg ya sesama komikus saling bertemu). Kazuki menggambar Hellboy dengan gaya rambut Yugi Mutou dengan menggunakan duel disk sedangkan Mike menggambar Hellboy mnggunakan Millenium Puzzle dan T-Shirt Yugi Mutou.

Nah setelah kita udah kenal sedikit tentang Kazuki, sekarang gw akan menjelaskan YuGiOh series (gw bilang "series" soalnya udah ada tiga seri yang beredar tau dah uda ada yang keempatnya... gw gak ngitung YuGiOh! R loh soalnya peran utamanya Yugi Mutou).

YU-GI-OH!
Kisahnya berawal ketika seorang anak bernama Yugi Mutou yang baru saja menyelesaikan Millenium Puzzle yang berasal dari kakeknya yang sebenarnya dari mesir tanah para pharaoh. Setelah usai menyelesaikan Millenium Puzzle, pintu kegelapan terbuka dan muncul Yugi yang lain. Ternyata Yugi yang lain ini kehilangan ingatannya, tapi dia itu sejenis dengan roh. Setiap pertarungan Yugi selalu meminjam kekuatan YamiYugi. Pada awalnya Yugi memainkan berbagai jenis game tapi ketika Kazuki membuat Yugi memainkan game M&W (pembuat game ini Maximillion Pegasus loh...)... malah jadi keterusan deh. Dari setiap permainan itu perlahan-lahan tabir ingatannya terbuka.
Bagi pemegang Millenium Item biasanya melakukan duel dengan sistem Dark Game yang memiliki hukuman bagi yang kalah.
Berikut para pemegang Millenium Item pada masa kini adalah Millenium Puzzle (Yugi Mutou, sebenarnya kakeknya yang mendapatkannya di Mesir tepatnya di makam pharaoh tanpa nama), Millenium Ring (Ryo Bakura, Millenium Ring ini gift dari ayahnya ketika datang di Mesir), Millenium Eye (Maximillion Pegasus, dia mendapatkannya saat survei di Mesir untuk referensi game M&W. Yang memberinya Shadi), Millenium Key dan Millenium Scale (Shadi, orang ini misterius sekali karena bisa muncul dimanapun dan kapanpun kepada pemilik serta calon pemilik Millenium Item), Millenium Tauk (Isis Isthar, kakak kandung Malik. Salah satu anggota keluarga suku penjaga makam. Suku ini hanya memegang dua Millenium Item, yaitu Millenium Tauk dan Millenium Rod),serta Millenium Rod (Malik Isthar, adik Isis di punggungnya terukir ingatan YamiYugi [Gw kira yang megang Kaiba loh... taunya tokoh yang gw gak tau.. hehehe] ).
Para pemegang Millenium Item memiliki kelebihan dibanding manusia lainnya loh. Ada yang memiliki kepribadian ganda dan kekuatan khusus. Yang berkepribadian ganda diantaranya adalah Yugi Mutou, Ryo Bakura, dan Malik Isthar. Kepribadian gandanya yang jahat semuanya kecuali Yugi Mutou. Sedangkan yang berkekuatan khusus adalah Maximillion Pegasus, dan Isis Isthar. Kalau Shadi.. gw gak tau soalnya sedkit dan jarang sekali munculnya.
Para pemilik Millenium Item pada masa lampau adalah Millenium Puzzle (Atem alias YamiYugi si pharaoh tanpa nama), Millenium Ring (Pendeta kepercayaan Atem namun dibunuh oleh Bakura dan menjadi Dark Magician lalu diambil Bakura), Millenium Eye (Ayahnya Seth, nantinya jadi musuh Atem), Millenium Key dan Millenium Scale (Para pendeta kerajaan), Millenium Tauk (Isis), serta Millenium Rod (Seth alias Kaiba mesir nanti dia dirasuki ayahnya dan menantang Atem).
Di penghujung cerita Yugi Mutou duel dengan YamiYugi alias Atem. Tebak... siapa yang menang??
Nih gw kasih liat bentuknya Millenium Item
Gimana...?????? Keren banget kan?! Gw juga mau tuh satu hehehe.... Kalo bingung yang mana-mananya gw sebutin dah. Millenium Ring, Millenium Puzzle, Millenium Scale (dari pojok kiri atas ke kanan atas), Millenium Eye, Millenium Rod (serong dari pojok kanan atas ke kiri pojok bawah), Millenium Tauk, Millenium Key (dari pojok kiri bawah ke kanan pojok bawah).


YU-GI-OH! GX
Di seri ini muncul kartu-kartu baru loh selain itu ada juga beberapa monster yang sekilas dari wujudnya seperti evolusinya, contohnya Winged Kuriboh yaitu kartu yang diberikan Yugi Mutou kepada Jaden Yuki (peran utama dalam serial ini) ups.. gak itu aja loh duel disk yang digunakan juga beda banget dari Duel City version. Kisahnya dimulai setelah 10 tahun era-nya Yugi Mutou sang master duelist.Jaden Yuki (dia ini pemeran utamaya loh) yang bermodal Winged Kuriboh yang diberikan Yugi Mutou kepadanya dan masuk Duel Academy, sekolah duel yang didirikan oleh Kaiba Seto di sekitar laut selatan di pulau terpencil (duh kalo gak betah gak bisa kabur... kalo mau berenang sana hahahaha). Di Duel Academy ini dibuat tiga kelas utama, Yaitu Red Osiris, Blue Obelisk, dan Yellow RA. Kelas yang expert adalah kelas Yellow RA, syarat untuk masuk kelas ini adalah untuk siswa yang bernilai high score. Dan yang ups maaf yang rendah score-nya masuk kelas Red Osiris. Nah tebak... Jaden Yuki masuk ke kelas mana???.
Kalu pada bilang Yellow RA lu pada salah!! yang bener Red Osiris!! Loh kok gitu.. mana gw tau.. kan gw bukan yang buat...hehehe... Setelah dua tahun pertama Duel Academy menghadapi musuh yang lumayan kuat the Shadow Riders, yang memiliki ambisi untuk membangkitkan Sacred Beast. Untuk melancarkan niat itu maka dibutuhkan duelis kuat dan memiliki tujuh roh suci. Mereka semua adalah Jaden Yuki, Zane Truesdale, Alexis Rhodes, Bastion Misawa, Chazz Princeton, Dr Vellian Crowler dan Lyman Banner. Tidak hanya itu saja musuhnya loh.. ada yang bernama Society of Light. Mereka ini bertujuan untuk memperbudak seluruh manusia dengan cara mengontrol pikiran melalui satelit Misgarth (yang ini ambisinya gila banget... tapi kalo seluruh orang dihipnotis kayak gitu.. emang mereka gak kena efeknya?! kan mereka manusia juga... terus kalo semua kehipnotis... terus siapa yang nyuruh... hehehe). Pada akhirnya masalah tersebu berhasil diatasi (syukur deh...). Ups kata siapa problem usai... muncul masalah baru di tahun ketiga. Duel Academy di transport ke dunia lain, dunia yang ada tiga mataharinya dan dipenuhi padang pasir (kalo duelisnya pada puasa pada modar dah tu hehehe... kalo imanya kuat sih gak... loh kok jadi ngawur... kembali ke.. bacaan). Disini Jaden Yuki dan orang-pilihan menyelamatkannya dan.. ada peraturan yang menakutkan loh... yang kalah dilempar ke dunia lain dan gak bisa balik lagi. Setelah beberapa episode Jaden Yuki bertemu dengan Yubel dan menjadi sisi lain Jaden Yuki (kayaknya Kazuki gak bisa ngilangin sifat seperti pada Yugi Mutou cuman ini beda aja.. Kalo Yugi, seluruh fisiknya berubah total sedangkan Jaden, hanya matanya saja berubah warna hijau biru deh kalo gak salah). Setelah semua permasalahan berakhir, siswa senior termasuk Jaden Yuki diangkat menjadi mahasiswa dan lulus. Namun saat pesta perpisahan Jaden tidak datang dengan alasan tidak suka event sedih seperti itu. Winged Kuriboh menuntun Jaden ke suatu kamar dan kemudian mucul cahaya putih berujung duel dengan Yugi Mutou. Konon winner-nya Yugi loh (yaeyalah masa yaeyadong hahaha....).


YU-GI-OH! 5D'S
Nah ini juga seri kelanjutan YU-GI-OH!. Di seri ini, hampir seratus persen gak ada kartu yang di era YU-GI-OH! atau pun di era YU-GI-OH! GX sebab kartu yang muncul di seri ini baru semua, selain itu sistem duel-nya juga sedikit ada perombakan soalnya ada jenis kartu baru. SYNCRHO CARD namanya, ciri kartu ini adalah warna kartunya putih dan baru bisa digunakan jika ada TUNER CARD dan MATERIAL CARD yang dibutuhkan ( pada nyadar gak.. kayak kartu fusion atau kartu ritual ya kan?! hahaha... baru pada sadar deh... hehehehe... dan penempatannya di fusion deck ). Tidak itu saja loh.. para duelist menggunakan sepeda motor khusus untuk duel yang bernama Duel Runner atau yang disingkat D-Wheel (loh gak nyambung... mana ane tau hahaha...). Duel Disk yang digunakan pun berbeda loh dari YU-GI-OH! GX tapi malah hampir mirip dengan duel city version.
Nih contoh dari SYNCHRO CARD. Perhatikan dengan baik-baik....
Kisahnya dimulaibeberapa tahun setelah era YU-GI-OH! GX. Buktinya saja nama kotanya saja sudah berubah, dulu kotanya bernama Domino City sekarang Neo Domino City (cuma ditambah kata neo aja dah hahaha....). Kota pinggiran dinamakan satelit. Disinilah kota asal Yusei Fudo (ini jagoannya loh... sekedar info). Yusei Fudo bersama temannya Jack Atlas, mereka bersama-sama membuat D-Wheel dan bercita-cita menjadi duelis hebat bersama-sama. Namun impian itu sirna karena Jack menghianatinya serta mencuri D-Wheel milik Yusei tapi tidak hanya itu saja... Jack juga mengambil rare card Yusei, Stardust Dragon. Lalu Jack melarikan diri ke Neo Domino City.... disana dia menjadi King of Ridding Duel. Dua tahun pun berlalu, Yusei kembali membuat D-Wheel-nya dan menuju Neo Domino City. Sesampainya disana, dia mengincar langsung Jack si penghianat. Mereka pun berhadapan, hasil dari duelnya adalah Yusei kembali mendapatkan Stardust Dragon miliknya. Ditengah pertarungan muncul naga ketiga yang menyuruhnya berperang. Hal ini menarik perhatian Red Goodwin lalu ia menjelaskan rahasia masa lalu pra inca dan bahwa ia dan Yusei masih satu keturunan dan bertugas menghadapi Dark Signers. Yusei bersama Jack, Aki Izayoi, Ruka, Rua dan Crow Hogan bersama-sama menghadapi Dark Signers.
Pertempuran tidak selesai disitu loh... Mereka pun turut serta dalam turnamen WRGP (Ciri khas karya kazuki nih... hehehe sepertinya dia tidak bisa menghilangkan ide ini ya hehehehe... tapi top dah...). Disini muncul musuh sesungguhnya loh... Mereka adalah anggota Ylliaster.



Demikianlah penjelasan sang master duel, mudah-mudahan ini bisa up date sedikit tentang YuGiOh! kalian semua. Oh ya ada pesan sedikit nih... kalo pada mau beli komik YuGiOh! seri apapun usahain yang asli ya, terus juga beli TCG YuGiOh! yang asli juga.. apa lagi kalo mau duel di turnamen resmi, kalo make bajakan jangan harap bisa ikut duel. Selain itu up date juga kartu-kartunya ya.. soalnya tiap bulan (gw lupa kapan waktu tepatnya... bisa tiap tahun tiap hari tiap detik hehehe..) ada info kartu terlarang untuk digunakan dalam duel resmi. Ada tips nih buat bedain aspal ma asli nih (gak tau bener apa gak.. gw cuman dikasih tau sama teman gw aja loh..), yang asli ada stiker hologram dipojok kiri bawah (gw lupa kiri atau kanan hahahaha pokoknya salah satunya..) attack dan deffend point-nya harus wajar.. logis dong masa' bintang 4 attack atau deffend point-nya diatas 2000 (kecuali syncrho monster). Coba deh cek kode kartunya sekali-kali benar apa gak..
Duh jadi tambah panjang lebar.. sekian dulu ya...

sumber : berbagai sumber

3 komentar:

hariheriana mengatakan...

kak aku juga seorang duelist lo!! duel yuk

ryshand mengatakan...

saya sekarang cuma kolektor kartunya aja hehehe :D

rafhy mengatakan...

saya hanya mengoleksi komik dan kartunya saja

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
copyright 2020 by Ryshand.blogspot.com. Diberdayakan oleh Blogger.