HerE yOU Not OnLY gET hAVinG fuN BuT aLSo GEt KnoWLedGE
PERHATIAN
SELURUH CONTENT DI BLOG INI DAPAT MENYEBABKAN KETAGIHAN, SERANGAN KEBAHAGIAN, BERSENANG-SENANG DAN GANGGUAN TANGAN UNTUK MENG-KLIK DAN MENG-KLIK

Rabu, 03 November 2010

PELAPISAN SOSIAL DI MASYARAKAT LUAS

Assalamualaikum.Wr.Wb.

Seperti bukan rahasia umum lagi. Dalam kehidupan bermasyarakat selama ini terjadi pelapisan sosial hal ini terjadi sejak jaman dahulu kala, yaitu semenjak manusia ada. Mungkinhal ini terjadi karen dari ego manusia itu sendiri atau mungkin dari faktor lain.



Pelapisan masyarakat di kehidupan bermasyarakat dinamakan stratifikasi. Stratifikasi berasal dari kata strata atau stratum yang berarti lapisan. Definisi dari stratifikasi/pelapisan masyarakat adalah :
  • menurut Pitrim A.sorokin, pelapisan masyarakat adalah perbedaan penduduk atau masyarakat ke dalam kelas-kelas yang tersusun secara bertingkat/hierakis.
  • menurut Theodorson dkk didalam dictionary sociology menyatakan pelapisan masyarakat berarti jenjang status dan peranan yang relatif permanen yang terdapat dalam sistem sosial (dari kelompok kecil sampai masyarakat ) dalam hal pembedaan hak, pengaruh dan kekuasaan.
Yang menjadi dasar dalam sistem pelapisan masyarakat pada era kuno adalah jenis kelamin sebagai contoh, wanita di Bali lebih keras usahanya dalam mencari nafkah dibanding pria. Tidak hanya disitu saja dalam kepempinan ketua suku memiliki hak yang sangat luas dan mendominasi. Sering terjadi pengucilan terhadap seseorang yang berkasta rendah dan sebagainya.

Sedangkan dalam sistem pelapisan masyarakat era modern berasal dari tingkat kekayaan, tingkat kehormatan dan tingkat pendidikan. Ketiganya sangatlah saling terkait satu sama lain.

Bagaimana bisa terjadi pelapisan masyarakat??? Hal itu mungkin lumayan sulit untuk di jelaskan namun ada beberapa faktor kenapa bisa terjadi pelapisan seperti ini. Yang akan saya sampaikan hanya secara garis besarnya saja.
  •  Proses pelapisan masyarakat terjadi dengan sendirinya dan berjalan seiring dengan pertumbuhan masyarakat, individu tersebut berada di posisi tersebut bukan secara sengaja atau sejenisnya namun terjadi secara otomatis.
  • Terjadi secara disengaja untuk mencapai suatu tujuan bersama. Dalam hal ini penentuan atas hak, kewajiban, wewenang, dan kekuasaan terlihat sangat jelas hal ini dilakukan agar mengetahui dengan jelas batasan-batasan atau porsi mereka masing-masing. Keadaan seperti ini dapat kita lihat pada sistem pemerintahan.
Dalam pembagian pelapisan masyarakat secara umum ada tiga, yaitu :
  • Masyarakat yang hanya terdiri dari dua kelas, yaitu kelas upper class dan lower class. Memang dalam sistem pelapisan ini, masih sangat sederhana. 
  • Masyarakat yang hanya terdiri dari tiga kelas, yaitu kelas upper class, middle class dan lower class. Dalam sistem ini mulai sedikit lebih kompleks dari sistem sebelumnya, hal ini disebabkan karena adanya "tempat" bagi golongan menengah namun sistem pelapisan ini juga belum sempurna.
  • Masyarakat yang hanya terdiri dari lima kelas. Pada sistem ini bisa dibilang sangat tepat dan terdiri dari upper class, upper middle class, middle class, lower middle class dan lower class. Disistem ini hampir semua golongan memiliki "tempat" dalam pelapisan masyarakat.
Demikian artikel yang sangat singkat ini. Saya mohon maaf jika ada salah ketik atau penggunaan atau penempatan kata yang kurang pas di dalam artikel saya ini. Akhir kata, mudah-mudahan ini semua bisa bermanfaat bagi kita semua.

Wassalamualaikum.Wr.Wb.

Sumber : id.wikipedia.org

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
copyright 2020 by Ryshand.blogspot.com. Diberdayakan oleh Blogger.