HerE yOU Not OnLY gET hAVinG fuN BuT aLSo GEt KnoWLedGE
PERHATIAN
SELURUH CONTENT DI BLOG INI DAPAT MENYEBABKAN KETAGIHAN, SERANGAN KEBAHAGIAN, BERSENANG-SENANG DAN GANGGUAN TANGAN UNTUK MENG-KLIK DAN MENG-KLIK

Sabtu, 05 Maret 2011

KEINDAHAN DI 'MATA' MANUSIA

Assalamualaikum Wr.Wb.


Pada pembahasan kali ini saya akan membahas sesuatu yang indah menurut manusia. Seperti biasa, sebelum melangkah lebih dalam menuju pembahasan ada baiknya kalau kita pemanasan sedikit dan berjalan pelan-pelan menuju intinya.

Menurut kalian.. apa itu indah ?? mungkin secara umum kalian akan berpendapat hal-hal yang bersifat pemandangan atau sesuatu yang dapat kita lihat walau itu belum tentu dapat kita sentuh atau gapai. Kemungkinan jawaban kedua adalah keadaan atau suasana yang membuat tentram atau bahagia. Hal ini bisa juga disebut indah oleh beberapa orang.



Namun inti dari jawaban itu adalah indah itu adalah sesuatu yang dapat kita rasakan baik secara visual maupun psikis dan dapat membuat perasaan individu senang, damai, tentram hingga bahagia. Selain itu kita juga dapat sedikit kesimpulan kalau indah itu adalah sesuatu yang sifatnya subjektif dan abstrak. Walau begitu memiliki dampak tersendiri yang bersifat positif. Terlepas dari itu semua, secara kodrati manusia itu menyukai, membutuhkan dan menginginkan keindahan. Sebab Allah swt sendiri menyukai keindahan. Mustahil kan kalau kita sebagai makhlukNya tidak menyukai keindahan.

Jika kita melihat dengan cara pandang agama, keindahan dinilai dari tingkat kebersihannya. Kok kebersihan ??. Sekarang kita analogikan dengan sesuatu yang sederhana saja. Jika ada dua taman, taman pertama begitu banyak sampah sisa makanan dan minuman yang berserakan serta rumputnya tidak terawat. Juga ditumbuhi ilalang dan tanaman liar dengan lalat mondar-mandir dalam jumlah banyak. Sedangkan taman kedua begitu bersih, tidak ada satu sisa sampah disana dengan rumput yang tertata rapi serta dihiasi bunga yang berwarna-warni. Ada beberapa kupu-kupu yang mondar-mandir disana.


Nah bagaimana ?? kalian bisa tebak kan mana taman yang indah. Dari analogi sederhana kita dapat menyimpulkan kalau keindahan berkaitan erat dengan kebersihan. Hal yang sama juga berlaku kepada manusia. Jika ada dua lawan jenis yang satu memang dasarnya cantik namun berdandan sembrono maka akan terkesan anak yang santai sedangkan satunya tidak begitu cantik tapi di support dengan berdandan rapi maka akan terkesan rapi serta baik.

Menjaga kebersihan tidak hanya mendapatkan keindahan tapi bisa juga mencerminkan keimanan seseorang. Pasti sering mendengar istilah 'kebersihan itu sebagian dari iman'. Itulah hubungannya dengan keindahan walau tidak secara langsung. Lalu keindahan itu sendiri tidak hanya dapat dinikmati oleh mata manusia tapi juga dapat dinikmati oleh hati manusia.


Karena hati manusia dapat 'melihat' juga walau dengan cara berbeda. Hal tersebut dapat terlihat jelas dengan sikap seseorang dengan hal tertentu. Kalau hatinya menganggap itu indah maka secara otomatis seluruh tubuhnya menikmati keindahan tersebut, seandainya tidak maka tubunya merasa risih dan tidak nyaman. Kalau kalian tidak percaya.. coba praktikan sendiri. Bagaimana perasaannya ???

Dengan pembahasan yang singkat ini kita dapat mengambil kesimpulan kau makna dari indah atau keindahan itu berbeda-beda atau subjektif sifatnya namun inti dari keindahan itu tetap sama, yaitu sesuatu yang membuat manusia merasa senang. Mungkin istilah yang sedikit nyambung dengan pembahasan ini adalah 'banyak jalan menuju Roma'. Saya mohon maaf jika dalam pembahasan kali ini ada kesalahan penulisan kata atau penempatan. Akhir kata mudah-mudahan ini semua dapat bermanfaat bagi ktia semua.


Wassalamualaikum Wr.Wb.

Sumber : Berbagi sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
copyright 2020 by Ryshand.blogspot.com. Diberdayakan oleh Blogger.