HerE yOU Not OnLY gET hAVinG fuN BuT aLSo GEt KnoWLedGE
PERHATIAN
SELURUH CONTENT DI BLOG INI DAPAT MENYEBABKAN KETAGIHAN, SERANGAN KEBAHAGIAN, BERSENANG-SENANG DAN GANGGUAN TANGAN UNTUK MENG-KLIK DAN MENG-KLIK

Kamis, 10 Maret 2011

PANDANGAN HIDUP MANUSIA DAN TAKDIRNYA

Assalamualaikum Wr.Wb.

Pada pembahasan kali ini saya akan menjelaskan pandangan hidup manusia. Sebelum membahas lebih lanjut dan lebih mendalam, ada baiknya kalau kita semua warm up  terlebih dahulu. Menurut kalian, apakah pandangan hidup itu ??. Jika saya menanyakan pertanyaan super singkat ini tapi akan menghasil ribuaan jawaban dengan argumen sesuai yang kalian pikirkan.

Itu semua saya anggap wajar sebab kalian semua memiliki orientasi yang berbeda mengenai pandangan hidup. Hal ini karena kalian semua melewati hidup kalian dengan jalan yang berbeda dan lingkungan hidup yang berbeda juga dan menghasilkan pengalaman hidup yang juga berbeda pula.



Seperti biasa di setiap penjelasan, saya selalu memberikan contoh sederhana untuk mempermudah penyampaian maksud saya. Kali ini saya mengambil contoh untuk permasalahan pandangan hidup secara dari tempat hidup yang berbeda. Jika X hidup di perkotaan yang sudah maju, bisa dibilang sangat metropolis, sedangkan Y hidup di pedesaan yang masih dibilang sangat tertinggal.

Bagi X pandangan hidupnya adalah bagaimana caranya memperoleh uang untuk bertahan hidup di tengah persaingan yang ketat di perkotaan itu. Jika si X tidak kuat iman maka dia akan menghalalkan segala cara untuk mendapatkan apapun yang dibutuhkannya. Dan itu akan menjadi pandangan hidupnya untuk saat itu. Lalu sedangkan si Y pasti jelas-jelas kontras dengan hidupnya si X. Bagi si Y materi bukanlah terpenting bagi hidupnya tetapi kasih sayang.

Dari contoh singkat tersebut salah satu penentu pandangan hidup manusia adalah lingkungan tempat mereka hidup. Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, kalau pengalaman bahkan lingkungan tempat tinggalnya mempengaruhi pandangan hidup seseorang. Pandangan hidup sendiri sangat di butuhkan oleh manusia untuk menentukan langkah hidup yang akan diambilnya. Dengan menentukan langkah hidup maka akan tercipta tujuan sesungguhnya dari kehidupannya.


Jika kita telah menentukan pandangan hidup kita, maka kita dapat mengarahkan jalan hidup kita dan takdir kita. Sebab ada takdir yang dapat manusia ubah. Kalimat yang selama ini terus menggema di hati saya adalah Allah swt tak akan mengubah nasib suatu kaum jika kaum tersebut tidak mau berusaha untuk mengubahnya. Kalimat singkat tersebut menyiratkan kalau kita tak mau berusaha dan menentukan jalan hidup kita maka hal itu semua tidak lebih dari angan belaka.


Demikianlah artikel singkat ini. Pesan saya cuma satu, keep your spirit. Mudah-mudahan ini semua dapat bermanfaat bagi kita semua. Akhir kata saya minta maaf sebesar-besarnya kalau didalam artikel ini terdapat kata-kata yang menyinggung kalian atau pun salah pengetikan dan penempatan kata.


Wassalamualaikum Wr.Wb.

Sumber : Berbagai sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
copyright 2020 by Ryshand.blogspot.com. Diberdayakan oleh Blogger.